Simak! Fakta Mie Panjang Umur, Jelang Hari Perayaan Imlek

Headline, Ragam1.3K views

Tradisi mi panjang umur dipercayai berasal dari pemerintahan Dinasti Han yang memerintah dari tahun 202 Sebelum Masehi hingga 9 Masehi. Sebuah cerita menceritakan bagaimana Kaisar Wu yang memimpin Dinasti Han saat itu sedang berdiskusi dengan para menterinya mengenai philtrum.

 

Mereka membahas bagaimana philtrum yang berada di tengah-tengah hidung dan mulut itu memiliki arti, dimana 1 cm dari jarak tersebut mengartikan hidup 100 tahun. Kaisar Wu kemudian ditertawai oleh menterinya yang bernama Dong Fangshou. Menteri Dong tertawa karena membayangkan betapa panjangnya wajah Peng Zu jika apa bahasan mengenai philtrum tersebut benar. Peng Zu sendiri
adalah seorang pria yang terkenal yang dipercayai sebagai legenda umur panjang, dimana dipercaya hidup selama 833 tahun.


Jika menggunakan pendapat Kaisar Wu, tentu wajah Peng Zu sangatlah panjang. Oleh karena itu pendapat Kaisar Wu pun ditolak mentah-mentah dan ditertawai oleh menteri-menterinya.Walaupun ditertawai, sepertinya pendapat Kaisar Wu justru menjadi tradisi yang dipercayai hingga sekarang. 面 (miàn) yang diartikan sebagai wajah, juga dapat diartikan sebagai mi. Kepercayaan Kaisar Wu adalah wajah yang panjang berarti umur yang panjang juga dapat diartikan menjadi mi yang panjang berarti umur yang panjang.Selain asal usulnya yang tercatat ketika masa Dinasti Han, penemuan mengenai populernya mi panjang umur juga dicatat ketika masa Dinasti Tang yang menguasai tanah Tiongkok dari tahun 618 hingga 907. Hal ini diakui dengan penemuan sebuah kutipan puisi karya Liu Yuxi, seorang penulis puisi terkenal Dinasti Tang. “Memegang mi dengan sumpit sambil menyebutkan doa-doa untuk lahirnya masa depan yang lebih cerah”, dikutip dari puisi Liu Yux.
Masyarakat Tionghoa biasanya akan mengadakan acara kumpul keluarga.

Tentu saja,dalam perayaan ini aka nada khas makanan imlek yang tersaji di tengah-tengah mereka. Salah satu hidangan istimewa yang wajib disajikan saat perayaan Imlek adalah Mie Panjang Umur atau juga dikenal dengan nama siu mie,konon jika dimakan saat imlek akan membuat yang menyantapnya mendapatkan umur Panjang,kebahagiaan,serta limpahan rejeki di tahun yang baru.
Sebelum makan Mie Panjang Umur,diucapkan doa serta harapan untuk tahun baru yang lebih baik dari tahun sebelumnya.Cara menyantapnya pun sangat unik,yaitu dimakan secara utuh tanpa digigit,sebab jika terputus memiliki makna yang tidak baik. Nah, di sinilah letak seninya,agar tidak putus biasanya Mie Panjang Umur dimakan dengan menggunakan sumpit.

 

Tertarik membuat Mie Panjang Umur?. Mie ini sebenarnya hanya Mie goreng biasa,hanya saja isiannya sangat lengkap,mulai dari sawi,kol,jamur,udang,kerang,dan cumi. Kadang ada juga tambahan bakso irisan daging ayam atau sosis sebagai pelengkapnya. (Velindias)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *