Kampung Halaman Villas and Resto, Sensasi Menginap di Area Persawahan yang Sejuk Nan Asri

Bogor Raya139 views

BOGORONLINE.COM – Berlibur sambil membangkitkan memori suasana perdesaan tempo dulu menjadi impian sebagian wisawatan. Bagi Anda yang ingin mewujudkan “mimpi” itu, datanglah ke Kampung Halaman Villas and Resto, di Selatan Bogor, tepatnya di Kampung Cipicung RT 04/04, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Destinasi wisata ini terdiri atas villa dengan desain bangunan bernuansa tradisional adat jawa dengan fasilitas pendukung berupa jogging track, kolam renang, hamparan sawah luas, dan landscape pemandangan alam yang memanjakan mata.

Di tempat ini juga tersedia restoran dengan sajian menu yang memanjakan lidah. Menu utamanya adalah nasi liwet Cipicung lengkap dengan sambal, ayam goreng dan lalapan segar. Di tempat ini juga tersedia kudapan ringan berupa pisang dan singkong goreng. Anda bisa menikmati sambil meneguk kopi atau minuman tradisional berbahan rempah semisal Wedang Uwu dan menu lainnya.

“Datang ke Kampung Halaman Villas and resto serasa pulang ke kampung halaman,” Kata Mulyati, Marketing Kampung Halaman Villas and Resto, Minggu 12 Oktober 2023.

Melengkapi nuansa tradisional, bangunan villa dan resto yang ada di Kampung Halaman Villas juga diberi nama lakon tokoh Keluarga Besar Pandawa Lima, yakni Yudistira, Bima, Arjuna, serta si kembar Nakula dan Sadewa. Kemudian, Abimanyu putra Arjuna, Gatot Kaca putra Bima, dan Parikesit. Sri Krisna yang merupakan Raja Dwaraka menempati bagian tersendiri dari barisan bangunan tersebut. Banngunan-bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare.

Seluruh bangunan di desain dengan konsep tradisional ala Jawa. Bangunan paling besar berupa pendopo besar berfungsi sebagai restoran dan tempat berkumpul. Adapun bangunan Villa merupakan rumah panggung dengan bahan utama Kayu dan dinding dari anyaman bambu. Material atap yang masih menggunakan genteng tanah liat membuat bagian ruangan bangunan terasa begitu sejuk.

Bangunan tersebut hanya sedikit berjarak dari satu bangunan ke bangunan lain, hingga nuansa kampung halaman yang hidup rukun bertetangga terasa dari penempatan bangunan yang dilakukan dengan sangat apik tersebut.

“Memang di desain seperti ini agar para pengunjung mendapat suasana pulang ke kampung halaman,” kata Mulyati.

“Suasananya seperti rumah mbah saya di Jawa,” kata Rhiana, salah seorang pengunjung menimpali.

Kampung Halaman Villas tidak menyedikan wifi dan televisi di setiap villa. Kondisi ini justru disengaja agar pengunjung lebih banyak berinteraksi, berjalan-jalan di pematang sawah, bercengkrama dan berbincang hangat sambil menikmati udara dan indahnya pemandangan alam.

Hamparan sawah juga menjadi fasilitas yang bisa digunakan pengunjung untuk memberikan edukasi pentingnya menjaga alam, sambil menanam padi dan sayur-sayuran. Bagi warga perkotaan, menanam padi dan turun langsung ke sawah menghadirkan sensasi yang tidak mudah dilupakan.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan nuansa kampung halaman, berlibur ke Kampung Halaman Villas and Resto bisa menjadi pilihan. Wisatawan yang berasal dari Jakarta, hanya memerlukan waktu kurang lebih satu melalui tol Jagorawi dan menyambung ke Tol Bocimi keluar Pintu Tol Cijeruk.

Akses menuju Kampung Halaman Villas and Resto terhindar dari rekayasa ganjil genap yang diberlakukan kepolisian lalulintas untuk membatasi arus pengunjung ke wilayah Puncak Bogor. Anda juga bisa terhindar dari rekayasa one way yang menahan laju kendaraan Anda hingga berjam-jam jika ingin berwisata ke Puncak.

Kampung Halaman Villas and Resto di Cipicung, Kecamatan Cijeruk tentu saja bisa menjadi destinasi wisata pilihan Anda bersama keluarga liburan akhir tahun. Tanpa harus pulang kampung, Anda bisa merasakan suasana Kampung Halaman di Kampung Halaman Villas and Resto.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *