Hubungan Indonesia – Tanzania Makin Mesra

Headline, Nasional223 views

Bogor – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Presiden Republik Persatuan Tanzania Samia Suluhu Hassan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, (25/1). Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Tanzania sepakat untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang.

Usai upacara penyambutan, Presiden Jokowi dan Presiden Tanzania kemudian saling memperkenalkan delegasi masing-masing. Selanjutnya, kedua pemimpin memasuki Ruang Teratai untuk sesi foto bersama dan pengisian buku tamu. Setelah itu, Presiden Jokowi dan Presiden Samia melakukan veranda talk dan teté a teté.

Dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Presiden Tanzania, Presiden Jokowi mengundang kehadiran dan partisipasi Presiden Republik Persatuan Tanzania Samia Suluhu Hassan dalam penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) II Tahun 2024. Penyelenggaraan IAF II 2024 disebut Presiden sebagai kesempatan untuk memperkuat Kerja Sama Selatan-Selatan, khususnya kerja sama ekonomi yang konkret, Indonesia akan menyelenggarakan IAF II 2024, di mana partisipasi Tanzania sangat diharapkan.
Selain itu, Presiden juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan Presiden Samia yang dinilainya sebagai cerminan semakin kuatnya hubungan Indonesia-Tanzania yang dapat memberikan manfaat bagi rakyat kedua negara. Pada kesempatan yang sama, Kepala Negara juga menyampaikan ucapan belasungkawa bagi masyarakat Tanzania yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor Desember 2023 lalu.
Kunjungan Presiden Samia kali ini adalah untuk memenuhi undangan sekaligus balasan atas kunjungan Presiden Jokowi ke Tanzania pada Agustus 2023 silam. Dalam pernyataannya, Presiden Samia menyampaikan apresiasi atas undangan dan sambutan hangat yang diberikan kepada delegasi Tanzania. Menurut Presiden Samia, kunjungan ini membuka kesempatan bagi kedua negara untuk untuk lebih memperluas kerja sama dan kolaborasi untuk saling menguntungkan kedua negara dan rakyatnya.
Dalam pertemuan antara kedua negara, kedua Kepala Negara sepakat untuk memperkuat kerja sama konkret di berbagai bidang, mulai dari perdagangan, investasi, pengembangan sumber daya manusia (SDM), hingga kesehatan.
Di bidang perdagangan, Presiden menyebutkan kedua negara sepakat untuk memulai negosiasi pembentukan preferential trade agreement (PTA) untuk meningkatkan perdagangan dan peluncuran negosiasinya di tahun 2024 ini.
Terkait investasi, kedua negara berkomitmen untuk memperkuat kerja sama di bidang minyak dan gas. Presiden menyatakan, badan usaha milik negara (BUMN) dari Indonesia, PT Pertamina (Persero) telah memperluas kerja sama di blok migas Mnazi Bay serta melakukan pelatihan bagi pegawai Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC). Kedepannya, Indonesia mengharapkan negosiasi antara Medco Energi untuk kerja sama LNG dan rencana investasi SSA (Sinka Sinye Agrotama) di bidang pupuk agar dapat segera terealisasi. Presiden turut menyampaikan pentingnya pembentukan bilateral investment treaty untuk perlindungan investasi dua negara.
Di bidang kerja sama pembangunan, Presiden menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dalam meningkatkan kapasitas SDM hingga penerapan sistem berbasis digital. Hal ini dilakukan melalui peningkatan kerja sama revitalisasi Farmer’s Agriculture and Rural Training Center (FARTC) di Morogoro, pelatihan SDM bidang migas dan pertanian, dan penerapan National Single System.
Di bidang kesehatan, Presiden menyampaikan bahwa kedua negara akan memperkuat kerja sama di sektor farmasi. Presiden menyampaikan bahwa perusahaan farmasi Indonesia telah berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan medis di Tanzania. Sehingga telah disampaikan pentingnya penjajakan intensif antara BPOM Republik Indonesia dengan Tanzania Medicines and Medical Devices Authority untuk percepatan registrasi produk farmasi.
Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan komitmen kedua negara untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina. Beliau menyampaikan bahwa terkait situasi di Gaza, kedua negara memiliki kesamaan posisi dan akan terus berkoordinasi untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina.
Terkait Kerja Sama Selatan-Selatan, Presiden Jokowi juga menyampaikan harapan terhadap partisipasi Tanzania dalam IAF II 2024 yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 ini untuk memperkuat Kerja Sama Selatan-Selatan, di mana Tanzania menjadi salah satu mitra utamanya.

(Ald)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *