Krisis Lahan Pertanian di Babakan Madang, Dewan Mochamad Ichsan Berikan Solusinya

Daerah150 views

Bogor, Bogoronline.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Mochamad Ichsan Maoluddin menggelar reses II tahun sidang 2023-2024 di Desa Kadungmangu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Kamis (18/01/2024).

Memasuki sesi tanya jawab, komunitas petani Kecamatan Babakan Madang curhat kepada Ichsan soal ancaman tergusurnya lahan pertanian mereka karena tanah-tanah pertanian dan perkebunan di Babakan Madang rata-rata sudah dimiliki oleh pengusaha.

Merespon hal ini, Ichsan mengatakan bahwa solusi bagi masalah tersebut adalah Peraturan daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Barat.

“Dalam Perda tersebut ada hitungannya, mana daerah-daerah yang harus dipertahankan, dia menjadi konservasi ada yang kemudian daerah zona itu bisa berubah dari hijau ke kuning itu diatur,” ujarnya.

“Yang menjadi masalah sekarang petani itu mengalami kecemasan kalau lahan-lahan petani itu kemudian beralih fungsi lahan misalnya, menjadi bangunan dan sebagainya, artinya kaitannya dengan nasib pekerjaan mereka,” lanjut Ichsan

Ichsan yang maju kembali ke DPRD Jawa Barat pada Pemilu 2024 mendatang ini menambahkan, solusi masalah tersebut adalah legislatif dan eksekutif memiliki kesepakatan dan menjalankan Perda tersebut.

“Maka mudah-mudahan ini bagian yang bisa tersolusikan, karena bagaimanapun daerah konservasi itu tidak bisa dirubah menjadi daerah non-konservasi, itu yang menjadi semangat kita di Dewan,” pungkasnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *