Perjalanan Hidup Ketua PPI Kota Bogor : Bentar Wardana

Headline, Sosok1.8K views

Bentar Wardana adalah ketua PPI Kota Bogor yang dilantik pada tahun 2022 sampai dengan masa jabatannya ditahun 2027. Bentar Wardana atau yang sering disebut juga dengan Kang Ben oleh para anggota PPI ini merupakan sosok yang dikenal sebagai seseorang dengan kepribadian yang tegas dan percaya diri. Kang Ben adalah salah satu Purna Paskibraka Indonesia (PPI) tahun 2009. Saat itu Kang Ben dipercaya menjadi pengibar pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia.
Akang Bentar merupakan lulusan S1 Ilmu Komputer di Universitas Pakuan Bogor. Sekarang ini akang bentar bekerja sebagai seorang Human Resource Departement di PT Bogor Raya Development yang berlokasi di Jl. Baranangsiang, kota Bogor. Akang bentar sekarang berumur 31 tahun dan berstatus sudah menikah. Selain menjadi ketua PPI Kota Bogor dan HRD di PT Bogor Raya Development, Kang Ben juga sering menjadi pembicara di berbagai acara bertema kepemimpinan.
Menjadi ketua PPI Kota Bogor merupakan suatu amanah yang ia jalankan dengan penuh tanggung jawab. Namun sebelum menjadi ketua, ia melalui perjalanan yang panjang. Mulai dari tahun 2012 Kang Ben diangkat menjadi ketua kabinet kesekretariatan PPI Kota Bogor. Selanjutnya pada tahun 2015, Kang Ben diangkat menjadi Pembina Latihan pada masa kepemimpinan kang aji yang merupakan ketua PPI Kota Bogor pada saat itu. Lalu pada saat PPI Kota Bogor diketuai oleh Kang Teguh tahun 2017, Kang Ben dipercaya menjadi wakil internal PPI Kota Bogor. Terakhir pada tahun 2019, Kang Ben diangkat menjadi sekretaris umum PPI Kota Bogor sampai tahun 2022.
Dengan proses yang panjang tersebut, Kang Ben banyak mendapatkan pelajaran dari orangorang di sekitarnya. Menjadi pengurus di PPI Kota Bogor bukan merupakan hanya jabatan semata, tetapi bagaimana ia bisa menjaga kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Mulai dari menjadi anggota PPI Kota Bogor tahun 2009 hingga dipercaya menjadi sekretaris umum di tahun 2019. Dari proses tersebut dapat dilihat bahwa kinerja dari Kang Ben menjadikannya orang kepercayaan di PPI Kota Bogor.
Tidak mudah untuk bisa mencapai posisi saat ini bagi Kang Ben. Pastinya ada rintangan dan tantangan berat yang harus ia hadapi. Namun semangat dan niatnya, membuat Kang Ben bisa berada di posisi saat ini. Salah satu pengalaman tidak mengenakkan yang dialami Kang Ben adalah saat ia masih kecil. Saat itu ia merupakan orang introvert yang kurang percaya diri, Kang Ben juga mengatakan bahwa karena ia yang sulit untuk mengucapkan huruf ‘R’ menjadikannya korban bully dari teman-temannya dulu. Namun saat ia menginjak bangku SMA, ia didorong oleh para kakak kelasnya untuk menjadi pribadi yang percaya diri.
Berdasarkan pernyataannya saat diwawancara, Kang Ben mengatakan bahwa untuk mencapai posisinya saat ini banyak hal yang harus ia hadapi. Mulai dari membuktikan kemampuan diri dan kapasitas dirinya. Namun hal tersebut sudah ia tekadkan dengan sepenuh hati bahwa ia sanggup dan mampu melaluinya. Hal tersebut dilihat sebagai potensi yang besar dari dirinya

dan membuatnya dipercaya untuk menjadi ketua PPI Kota Bogor masa jabatan tahun 2022 hingga tahun 2027.
Saat pertama menjadi ketua PPI Kota Bogor, Kang Ben masih mencoba untuk beradaptasi karena yang dulunya sebagai anggota sekarang ia harus menjadi pemimpin. Menurutnya menjadi pemimpin itu bukan hanya seseorang yang memberikan perintah saja, tetapi pemimpin itu sosok yang harus bisa mengarahkan dan merangkul para anggotanya. Pada tahun kedua masa jabatannya, ia mulai bisa beradaptasi dan menjadi ketua yang baik bagi para anggotanya.
Ada momen paling berkesan bagi Bentar Wardana saat menjadi anggota Purna Paskibraka Indonesia tahun 2009. Saat ia menginjak bangku Sekolah Menengah Atas, ia memiliki cita-cita menjadi paskibraka. Namun dulu Kang Ben tidak tahun bahwa ada organisasi bernama PPI, ia pikir hanya ada orang-orang yang mengibarkan bendera menggunakan pakaian serba putih.
Saat SMA, ia mendapatkan kesempatan untuk melakukan tes dan lolos seleksi menjadi anggota dari Purna Paskibraka Indonesia Kota Bogor. Proses menjadi anggota tidaklah mudah, ia harus melalui beberapa proses panjang seperti latihan fisik, latihan mental, hingga latihan PBB yang menguras tenaga. Namun proses tersebut yang membuatnya menjadi sosok yang percaya diri dan berani saat ini.
Proses panjang tersebut dimulai ketika ia berada di bangku SMA, saat itu ia merupakan anggota aktif paskibra di MAN 1 Kota Bogor. Lalu saat menjadi mahasiswa, ia bergabung di organisasi Himpunan Ilmu Komputer. Lalu ia juga bergabung di Paguyuban Pelatih Paskibra Kota Bogor. Dari organisasi-organisasi tersebutlah ia banyak mendapatkan pengalaman dan relasi yang luas.
Menurut bentar Wardana tentang makna kekeluargaan adalah kesadaran atas rasa memiliki terhadap sesuatu yang kita anggap berharga. Kesadaran rasa memiliki pada organisasinya, pada anggotanya, dan pada orang di sekitarnya yang dianggap berharga. Selain makna kekeluargaan, kepemimpinan juga menjadi faktor yang penting dalam sebuah organisasi. Sebagai seorang ketua, Bentar Wardana mengatakan bahwa merangkul semua anggota adalah kewajiban dari pemimpin, namun hal tersebut merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.
Menjadi ketua tentunya tidak mudah untuk dilakukan, Kang Ben mengatakan untuk menjadi ketua harus memiliki rasa dedikasi yang tinggi terhadap organisasinya. Membagi waktu antara pekerjaan dan organisasi adalah hal yang harus bisa dilakukan sebagai ketua. Selain itu memiliki orang yang akan berada di sampingnya dan mendukungnya merupakan faktor penting dalam menjalankan organisasi tersebut. Kang Ben mengatakan bahwa menempatkan orangorang yang sudah dikenal dan tahu potensinya lebih baik daripada merekrut orang-orang yang belum dikenal dan belum diketahui potensinya.
Bentar Wardana mengatakan bahwa PPI ini merupakan organisasi non profit, yang di mana mereka tidak mendapatkan gaji. Namun organisasi ini merupakan wadah bagi para generasi muda untuk belajar. Di dalam organisasi PPI ini terdapat program magang bagi anggotanya, lalu jika mereka memiliki minat besar mereka akan diangkat menjadi pengurus dari PPI kota Bogor ini. Diharapkan dari organisasi ini mereka dapat mengembangkan diri dan menjalin relasi yang lebih luas.
Sosok yang menginspirasi seorang Bentar Wardana adalah orang yang mempercayainya untuk menjadi wakil internal hingga sekretaris umum PPI Kota Bogor yaitu Kang Teguh yang merupakan Ketua PPI Kota Bogor tahun 2017-2022. Kang Ben mengatakan bahwa Kang Teguh adalah mentornya yang mengajarkannya motivasi dan Public Speaking yang baik dan benar.

Banyak hal yang dipelajari Kang Ben dari Kang teguh. Dalam hidupnya, Kang Teguh menjadi tokoh inspirasi bagi Kang Ben.
Terakhir ada kata-kata motivasi dari seorang Bentar Wardana, yaitu lakukan sesuatu dengan sepenuh hati karena jika kita sudah melakukan sesuatu dengan sepenuh hati, walaupun hasilnya tidak memuaskan setidaknya kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan tidak akan ada penyesalan di akhir. Semua yang kita lakukan harus dari hati dan niat yang baik. Jika sudah melakukan semua itu, insya allah jalan menuju mimpi akan selalu terbuka.

Naskah  : Nur Indah Fitria NIM : J0401221126

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *