Mahasiswa Unpak Beri Pelatihan Pelajar SMK Budidaya Hidroponik di Sekolah

Kota Bogor452 views

BOGORONLINE.COM – Pengabdian masyarakat merupakan salah satu poin yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi seluruh civitas akademika di kampus.

Pada kesempatan kali ini Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan (Unpak) melalui team dosen-dosen dan mahasiswa Program Studi Biologi melakukan kolaborasi dengan SMK Telekomedika pada 14 Nopember 2023.

Kegiatan itu berupa pelatihan keterampilan budidaya hidroponik di SMK Telekomedika, Jalan Panaragan Jembatan Merah. Pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan pada 13 Nopember 2023.

Acara dibuka Ketua Pelaksana Drs. Cecep Sudrajat, M.Pd mewakili dosen-dosen Program Studi Biologi FMIPA Unpak yang turut serta dalam pengabdian masyarakat ini di antaranya Dra. Tri Saptari Haryani, M.Si, Drs. Ismanto, M.Si ,dan Prof. Dr. Sata Yoshida Srie Rahayu, M.Si serta dua orang mahasiswa Program Studi Biologi FMIPA bernama Zaky Alhadid dan Andriani Resilowi.

Pengabdian masyarakat ini mengambil topik “Pemanfaatan Lahan Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Telekomedika Kota Bogor Melalui Metode Hidroponik Tanaman Obat dan Sayuran“.

Dalam kesempatan itu, dosen serta mahasiswa Prodi Biologi FMIPA Unpak turun tangan memberikan penyuluhan dan pelatihan budidaya tanaman obat dan sayuran dengan cara hidroponik.

Adapun materi penyuluhan dan pelatihan disampaikan pada pagi hari, setelah itu dilanjutkan proses pembuatan media dan cara penanaman.

Kegiatan tersebut diikuti siswa-siswa SMK Telekomedika Program Studi Farmasi kelas XI sebagai peserta dengan antusiasme tinggi.

Agenda penyuluhan dan pelatihan dimulai dengan pembukaan, sambutan, penyampaian materi, tanya jawab peserta dengan tutor dan foto bersama.

Berbagai pertanyaan dan respon yang disampaikan peserta mewarnai sesi tanya jawab sehingga menjadikan acara berlangsung lebih hidup dengan suasana belajar yang menyenangkan. Beberapa peserta menyesalkan karena waktu pembelajaran terlalu singkat. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *