Manfaat Unik TTS Bagi Kesehatan Mental

bogorOnline.com
Dilansir dari salalah satu media online nasional, Teka Teki Silang (TTS) merupakan permainan kata yang menarik sekaligus dapat mengasah pengetahuan. Ternyata di balik itu, peneliti menemukan ada banyak manfaat di balik permainan TTS yang terlihat sederhana.

Dari beberapa penelitian, para peneliti menemukan satu kesamaan bahwa TTS dapat memberi efek positif pada otak jika dimainkan secara rutin. Rutin di sini tidak berarti harus dilakukan setiap hari, karena satu minggu sekali pun cukup bagi seseorang untuk merasakan efek positif dari TTS.

Salah satu peneliti, Ann Lukits, mengatakan kegiatan mengisi TTS dapat meningkatkan kemampuan verbal sekaligus mengurangi risiko demensia. Pasalnya, Lukits menilai cara seseorang memecahkan teka-teki dalam TTS dapat meningkatkan daya ingat sekaligus fungsi otak, khususya pada orang dewasa.

“(TTS) Juga meningkatkan fungsi mental pasien dengan kerusakan otak atau demensia dini,” jelas Lukits.

Dari berbagai penelitian yang ada mengenai TTS, sebagian besar menunjukkan adanya pengaruh positif TTS bagi kesehatan mental seseorang. Berikut ini ialah enam manfaat baik TTS bagi kesehatan mental.

Hindarkan alzheimer
Salah satu alasan mengapa TTS perlu dimainkan karena permainan ini dipercaya dapat mengurangi risiko alzheimer. Berdasarkan Alzheimer’s Association, mengisi TTS setiap hari merupakan cara yang signifikan untuk menjaga otak tetap aktif dan jeli, khususnya bagi orang tua.

Dapat memperkuat hubungan
TTS yang dikerjakan secara bersama-sama ternyata dapat meningkatkan hubungan di antara orang-orang yang terlibat dalam pengisian TTS tersebut. Penyelesaian TTS ini bisa dilakukan secara berkelompok oleh pasangan, kakak-beradik, hingga sekumpulan teman. Lukits mengatakan pengerjaan TTS secara berkelompok dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan berbicara serta ikatan sosial di antara grup yang mengerjakan TTS.(rul)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *