by

  Pembangunan Jembatan SPBU Belum Berijin Tapi Berjalan, Kemana Pengawas Banunan

Rancabungur – bogoronline.com – Kasus pembangunan pondasi jembatan di atas Kali Cidepit, Desa Pasir Gaok, Kecamatan Rancabungur, yang akan digunakan untuk jembatan masuk keareal Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), mulai menuai protes dari sejumlah pihak. Apalagi, proyek tersebut diduga kuat belum mengantongi izin.

“Begitu ada kegiatan pembangunan di bibir Kali Cidepit, kami langsung melayangkan surat teguran kepada pemilik proyek, dan minta semua aktivitas dihentikan, sebelum semua izin yang diperlukan lengkap,” kata Camat Rancabungur Iwan Eriawan, Kamis (24/03) lalu.

Iwan mengatakan, proyek pembangunan SPBU itu dari informasi yang diterimanya itu bukan perusahaan, tapi perorangan. “Karena ada pembangunan jembatan di atas Kali Cidepit, pemilik tak hanya harus mengurus IMB saja, tapi juga izin pemanfaatan daerah aliran sungai (DAS) dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (BPSDA), Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Izin dari BPSDA itu penting, agar pembangunan pondasi jembata itu tidak membuat Kali Cidepit menyempit,” tegasnya.

Kepala Desa Pasir Gaok Sarifudin mengaku, belum pernah memberikan rekomendasi apa pun kepada pemilik bangunan SPBU
“Desa seingat saya belum memberikan rekomendasi soal izin kepada pemilik bangunan, termasuk untuk pembangunan jembatan yang melintang di atas Kali Cidepit,” katanya.

Padahal menurut aturan, kata Sarifudin, sebelum melaksanakan pembangunan, seharusnya pemilik mengurus perizinannya dulu. “Makanya, saya menjawab tidak tahu menahu, jika ada wartawan atau siapa pun juga menanyakan soal proyek tersebut,” ujarnya.

Sarifudin menegaskan, meski penerbitan IMB dan lainnya-lainya dilakukan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), namun badan ini tak akan memproses izin yang diajukan pemilik, bila tidak ada rekomendasi dari desa.

“Kami tak akan mempersulit pengusaha yang berniat menanamkan modalnya di Pasir Gaok, asalkan mekanisme perizinan ditempuh dengan benar termasuk melampirkan rekomendasi dari lingkungan,” tegasnya. (zah)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *