by

Grab Bangun 10 Mural Zebra Cross di Kota Bogor

Kota Bogor – bogorOnline.com

10 mural zebra cross yang ada di sejumlah jalan di Kota Bogor diresmikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Mural zebra cross yang dibangun atas kerjasama dengan Grab Indonesia ini merupakan bentuk upaya untuk menarik masyarakat menyeberang jalan pada tempatnya dan lebih aman dengan tampilan mural kreatif dan inovasi.

Peresmian tersebut dilaksanakan dalam rangka perwujudan dari nota kesepahaman (MoU) antara Pemkot Bogor dan Grab Indonesia September lalu dalam hal kerja sama penataan transportasi dan peningkatan pelayanan publik di Kota Bogor.

Peresmian mural zebra cross diawali penandatanganan berita acara penyerahterimaan hasil pekerjaan zebra cross antara Pemkot Bogor yang diwakili Plt. Asisten Umum Setda Kota Bogor, Dody Ahdiat dengan Head of Public Affairs, Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno. Kesempatan ini, hadir juga Sekdis Perhubungan Agus Suprapto, Kadisdik Fahrudin dan Kabid Sarpras Dishub Dody Wahyudin.

“Kolaborasi yang terbangun diharapkan tidak berhenti sampai di sini. Ke depan Pemerintah Kota Bogor mengharapkan dukungan untuk kegiatan lainnya, di antaranya pengembangan UMKM Kota Bogor. Untuk pemeliharaan 10 zebra cross mural akan dilakukan secara bersama-sama,” kata Dody Achdiat saat peresmian di pedestrian Otista atau tepatnya depan SDN Bangka Kota Bogor, kemarin.

Ia mengungkapkan, bahwa memang harus ada yang sesuatu unik yang bisa mendorong warga atau para pejalan kaki untuk menggunakan fasilitas penyeberangan jalan secara maksimal. Mural zebra cross di Jalan Otista inu dipilih juga tidak terlepas dari tingginya volume arus lalu lintas kendaraan yang melintas.

“Di sini juga terdapat sekolah dasar, sehingga para siswa dan orang tua bisa menggunakannya. Semoga kreativitas dan inovasi yang dikembangkan ini bisa menular ke aspek lainnya,” tandas Dody.

Sementara itu, Head of Public Affairs Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno berharap ke depan masyarakat tidak menyeberang jalan secara sembarangan lagi dikarenakan keselamatan itu merupakan yang hal utama. Kontribusi Grab Indonesia ini juga diharapkan dapat diterima Pemerintah dan masyarakat Kota Bogor.

Tri mengatakan zebra cross yang disentuh secara kreatif sebagai salah satu upaya Grab untuk meningkatkan ketertarikan para pengguna jalan untuk menyeberang pada tempatnya.

Pihaknya juga meyakini dengan desain-desain yang kreatif ini dapat menarik minat pejalan kaki sehingga mereka akan menyeberang dengan lebih aman.

“Kita sebelumnya sudah membangun di Semarang, tetapi untuk di Kota Bogor ini lebih cantik muralnya,” jelasnya.

Selain bidang transportasi, masih kata Tri, kedepan program kerja sama antara Pemkot Bogor dan Grab juga akan meliputi dukungan infrastruktur digital untuk pengembangan wisata di kota berjuluk Kota Hujan ini. Infrastruktur digital ini melalui aplikasi Grab,

“Pembangunan shelter bagi mitra pengemudi Grab, penyediaan layanan skuter listrik ramah lingkungan Grab Wheels serta beberapa program lainnya,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin mengapresiasi pembangunan mural zebra cross. Ia menilai dengan fasilitas ini para siswa dan orang tua akan lebih terlindungi dalam melakukan aktivitas menyeberang jalan.

Fasilitas yang sudah ada inipun, kata Fahrudin, harus dirawat dengan baik sehingga keberadaannya dapat bermanfaat lebih baik.

“Dari sekian banyak manfaatnya, akan kita aktifkan kembali Polisi Cilik (Pocil) SDN Bangka 3 dengan didampingi petugas dari sekolah maupun dinas terkait untuk mengoptimalkan fasilitas yang bagus ini. SDN Bangka 3 merupakan binaan Polresta Bogor Kota,” sebut Fahrudin. (HRS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *