by

Dari Usaha Percetakan Banting Setir Beternak Lele Saat Pandemi

Penulis: Anne Anisa

Editor: Sania Chandra Nurfitriana

 

Pandemi COVID-19 memberi dampak besar pada sektor perekonomian Indonesia. Percetakan milik Agus Santoso menjadi salah satu yang terkena dampaknya.

Fitrianisa Septiyani Pratiwi, anak dari Agus Santoso, menjelaskan kondisi usaha percetakan Ayahnya saat pandemi. Usaha percetakan Ayahnya tersebut terbilang cukup sepi pada saat itu. Hanya sesekali percetakan milik Ayahnya menerima pesanan buku yasin, bungkus makanan, dan stiker. 

Sadar akan kebutuhan manusia akan makanan yang tak ada habisnya, akhirnya mereka memilih untuk banting setir beternak lele di tengah pandemi. Selain itu, ternak lele dianggap lebih mudah dibandingkan dengan beternak hewan lain. Usaha yang dinamakan “Lele Babe Agus” itu dimulai pada Maret 2020. Rata-rata omset penjualan per-minggunya mencapai Rp2.000,000,00.

Usaha baru mereka dilakukan dengan memanfaatkan lahan seluas 1.000 m² di daerah Kelapanunggal, Kabupaten Bogor. Lahan tersebut digunakan untuk menyimpan 18 kolam lele. Kemudian, setiap satu kolam bisa di isi sekitar 20 kg ikan lele. Jenis lele yang diternak adalah lele sangkuriang. Fitrianisa menjelaskan mengapa Ia dan Ayahnya memilih jenis lele tersebut.

“Jenis lele sangkuriang dipilih karena dagingnya yang lebih enak,” tuturnya.

Mengingat keterbatasan kegiatan di luar rumah pada saat pandemi, pemilik Lele Babe Agus itu memilih memaksimalkan penawaran produk melalui media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsapp. Kemudian, Lele Babe Agus menjadi pemasok ikan lele di beberapa katering, rumah makan, dan ibu rumah tangga. 

Produk Lele Babe Agus berupa bibit lele, lele mentah, dan lele bumbu. Bibit lele dijual seharga Rp300,00 – Rp2.000,00 tergantung pada ukuran lele. Selain itu, lele mentah di jual dengan harga  Rp24.000,00 per kilogram. 

Menyadari ketakutan masyarakat untuk pergi ke pasar di tengah pandemi, Lele Babe Agus berinovasi menjual produk lele bumbu. Produk itu berupa lele yang telah dibersihkan dan diberikan bumbu kuning, jadi pembeli hanya tinggal menggorengnya saja. Untuk lele bumbu ini dijual dengan harga Rp30.000,00 per paket.

Karena yang dijual adalah lele segar, maka Lele Babe Agus memakai sistem pemesanan terlebih dahulu bagi konsumennya. Setelah konsumen memesan, barulah ikan lele diambil dari kolam untuk selanjutnya didistribusikan kepada konsumen.

Lele Babe Agus juga membuka layanan pesan antar untuk memanjakan konsumennya. Pesanan diantarkan dari Perumahan Villa Nusa Indah 3 Blok KC4 No. 14 RT 02 RW 37, Kabupaten Bogor. Untuk pengiriman dengan jarak maksimal 3 kilometer dari titik tersebut ongkos kirim (ongkir) digratiskan. Sementara untuk layanan pesan antar berjarak  lebih dari 3 kilometer terdapat aturan pembelian minimal 10 paket.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed