by

Pengelolaan Aset Pemda, Oleh Korpri Bermasalah

BOGORONLINE.com-BOGOR CIBINONG

Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) mulai mendata aset milik Pemerintah Kabupaten Bogor, khususnya berupa lahan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, satu diantaranya aset yang dikelola Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Bogor.

“Aset yang dikelola Korpri yang berlokasi di Jalan Tegar Beriman, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, nantinya akan menjadi satu dari sekian aset yang akan ditarik uang sewanya, seperti aset lainnya yang sudah kita sewakan,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Aset, DPKAD Bangun Septa saat dihubungi Wartawan melalui WhatsApp Messenger (WA) nya belum lama ini.

Sebagai informasi, aset berupa lahan yang dipinjam Korpri, pengelolaannya diserahkan pada koperasi, di lokasi yang sangat luas dan berada di titik strategis itu, sejak tahun 2008 lalu berdiri bangunan yang difungsikan untuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), kios-kios serta ATM.

SPBU hasil kerja sama koperasi Korpri diresmikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bogor Sumirat. Aset milik Pemerintah Kabupaten Bogor, di Jalan Tegar Beriman yang pengelolannya dilakukan pihak ketiga, tercatat ada dua yakni untuk rumah makan dan resto.

“Selama aset itu dikelola Kopri memang tidak ada uang sewa, karena Korpi bagian dari struktur pemerintahan daerah, sehingga sistem pemanfaatan lahannya pinjam pakai. Nah, kalau sekarang kan Korpi sudah tidak lagi, makanya kita merencanakan menarik uang sewa lahan seluas kurang lebih 6.000 meter itu,” ujar Bangun.

Bangun menjelaskan, saat ini aturan untuk memungut uang sewa dari lahan yang dimanfaatkan Korpri sedang disusun petunjuk pelaksana dan teknisnya (Juklak-juknis), penarikan uang sewa kemungkinan akan dilaksanakan tahun 2021 mendatang. “Saat ini sedang kita proses sewa menyewanya,” katanya singkat.

Sementara itu, pengelola koperasi Korpri belum bisa dimintai tanggapannya, karena saat media menyambangi kantor koperasi di areal sekitaran SPBU, Jum’at (18/09) pimpinan koperasi sedang tidak ada di tempat.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed