Relawan Temanco Dilantik, Bima Arya Sampaikan Tiga Pesan

BOGORONLINE.com, Kota Bogor- Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan tiga pesan kepada Relawan Temanco yang baru saja dilantik di Sekolah Alam Bogor, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Sabtu (26/9/2020).

Pertama, terus semangati dan motivasi orang yang sedang positif Covid-19.

Kedua, berikanlah edukasi ke khalayak umum agar banyak yang percaya bahwa virus Covid-19 ini nyata bukan khayalan.

Ketiga, sesama alumni Covid-19 harus selalu sharing (berbagi). Sebab, semua pasti berbeda-beda gejala yang dialami.

Wali Kota juga berharap semua yang dilakukan ini mendatangkan keberkahan untuk semua dengan niat menyelamatkan banyak nyawa agar tidak terpapar virus mematikan ini.

“Nazar saya dulu kalau dikasih kesempatan sehat kembali. Ya Allah, saya ingin menyelamatkan sebanyak mungkin manusia apapun risikonya, di bully sudah biasa, dicaci juga sudah biasa, jangan mengharapkan dipuji, Insya Allah ini semua lillahi ta’ala, karena keyakinan kita ingin memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” katanya.

Inisiator Relawan Temanco, Ara Wiraswara menjelaskan, pihaknya ingin memberikan pesan kepada pasien Covid-19, bahwa Covid-19 ini bisa dilewati dan dilawan.

“Alhamdulillah para survivor ini adalah buktinya dan kita ingin memberikan pesan kepada saudara-saudara kita yang masih berjuang melawan Covid-19, mari kita lawan bersama,” ujarnya.

Salah satu gerakan utama Temanco kata Ara adalah mendampingi satu survivor dengan satu pasien Covid-19.

“Sudah ada 15 pasien yang kita dampingi secara kontinyu untuk bercerita perkembangan mereka dalam melawan Covid-19,” katanya.

Ada dua pesan yang disampaikan Temanco. Pertama, virus itu memang ada dan survivor itu bukti bahwa virus itu ada.
Kedua, ketika ada tetangga yang terkena bukan menjauh, tetapi mendukung tetangga tersebut untuk sembuh.

Temanco juga diajak di tim Merpati untuk sama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Covid-19. Selain itu pihaknya juga membuat kanal Youtube sebagai tempat survivor bercerita ketika terkena Covid-19 hingga dinyatakan sembuh.

Ara menyebut, sejauh ini sejak di launching September lalu Temanco sudah mendampingi 25 keluarga, 68 jiwa, 15 kelurahan dan 9 kecamatan, termasuk 3 kecamatan diluar Kota Bogor.
buy tadora online https://thefreezeclinic.com/wp-content/uploads/2021/09/jpg/tadora.html no prescription

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada relawan survivor dengan hati tulusnya untuk ambil bagian dalam gerakan ini, sehingga bisa membantu mengurangi tingkat stres penderita dan mengkampanyekan agar masyarakat lebih aware (sadar) terhadap virus ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengucapkan terima kasih atas inisiasi Temanco yang sudah memberikan aksi nyata dalam mengedukasi warga, bukan hanya mendampingi secara psikologis pasien saja juga aktif kampanye masif.

“Alhamdulillah meski baru 3 minggu relawan di Temanco sudah ada 32 orang. Mari kita bersama-sama mencegah dan mengurangi penyebaran virus ini,” tuturnya.

Pihaknya menargetkan angka kesembuhan hingga 80 persen dengan berbagai upaya. Salah satunya dukungan psikologis penderita, suportif ke keluarga untuk membangun optimisme sembuh.

“Kita juga harus meyakinkan masyarakat bahwa Covid-19 itu ada dan bisa dilawan hingga sembuh,” pungkasnya.

Selain Pelantikan Relawan Temanco acara diisi Training For Trainer oleh Ustadz Hilman Fauzi pembina Teman Hijrah. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *