by

5 Minuman Yang Baik Dikonsumsi Untuk Diabetes

Foto : Istimewa

BOGORONLINE.com, Bukan hanya makanan, tapi minuman juga bisa mempengaruhi kondisi seseorang dengan diabetes. Oleh karena itu, konsumsilah minuman yang baik untuk diabetes.

Kebanyakan minuman mengandung gula sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang dengan diabetes. Menurut American Diabetes Association(ADA) minuman rendah kalori sangat direkomendasikan agar tak melonjakkan gula darah.

Dengan memilih minuman yang tepat akan membantu menghindari efek samping, menjaga berat badan, dan mengelola gejala.

Berikut 5 minuman yang baik dikonsumsi untuk diabetes.

1. Air Putih
Pilihan terbaik bagi penderita diabetes yaitu air putih. Faktanya, air putih tidak akan menaikkan gula darah. Minum air secukupnya juga akan membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urine.

Untuk penderita diabetes ada salah satu tips yang bisa dicoba ketika bosan dengan air putih, yakni menambahkan jeruk, lemon, stroberi, dan mint ke dalam air putih untuk memberikan aroma dan rasa yang segar.

2. Kopi
Menurut studi ADA, minuman kopi dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe-2. Konsumsi kopi tanpa gula, krim, susu, maupun es krim karena dapat meningkatkan gula darah.

3. Teh
Konsumsilah teh tanpa gula, baik itu teh hitam, teh hijau, maupun teh herbal. Riset menunjukkan, teh tanpa gula memiliki efek positif dalam mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolesterol.

Sebagai gantinya gula, tambahkanlah potongan lemon atau leci ke dalam teh.

4. Susu
Pilihlah susu yang rendah kalori, dimana susu tanpa pemanis dan rendah lemak untuk dikonsumsi harian. Susu kaya akan vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

5. Jus Sayur
Konsumsi jus sayur sebagai alternatif. Sayuran mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menjaga organ seseorang dengan diabetes.

Kombinasikan beberapa sayuran seperti sayuran berdaun hijau, timun, seledri, dan tomat.

Selain mengonsumsi minuman yang baik, hindari pula minuman yang memiliki kandungan soda, pemanis, dan juga minuman yang tinggi kalori. Hal ini dikarenakan minuman tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah pada seseorang dengan diabetes. (Elya Rosa Gobel)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *