by

Tanaman Hias Yang Membuat Tidur Semakin Nyenyak

BOGORONLINE.COM, – Keberadaan tanaman hias dalam kamar tidur bisa memberikan kamu banyak manfaat. Beberapa tanaman hias bisa menyerap racun, sehingga kamar tidur pun lebih sehat untuk ditempati.

Selain itu, beberapa tanaman hias juga dapat membantu kamu tidur lebih lelap. Untuk mempercantik kamar, pilihlah jenis tanaman hias yang sesuai dengan tema dan warna dinding kamar kamu.

Tidak semua jenis tanaman cocok diletakkan di kamar tidur. Maka dari itu mari kita simak tanaman apa saja yang cocok kita taruh di dalam kamar.

1. Lavender

Lavender termasuk salah satu tanaman untuk kamar yang memiliki aroma menenangkan. Aroma tanaman yang satu ini mampu mengurangi kecemasan dan insomnia. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Southampton Inggris, mengamati pola tidur 10 orang dewasa yang diberikan minyak esensial lavender dengan minyak yang bukan lavender.

Hasil penelitian menunjukkan orang yang tidur sambil mencium aroma lavender memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Peneliti menemukan bukti bahwa lavender meningkatkan gelombang lambat pada otak saat tidur. Artinya, tidur jadi lelap dengan detak jantung yang melambat dan otot merileks. Saat bangun pun Anda cenderung jadi lebih bersemangat dan produktif.

2. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya termasuk salah satu tanaman super yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain dijadikan makanan, minuman, dan obat, tanaman yang satu ini ternyata dapat membantu melawan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Mengapa begitu? Lidah buaya yang ditaruh di kamar dapat mengeluarkan oksigen di malam hari. Selain itu, tanaman yang dikenal sebagai antiradang ini juga dapat membantu menghilangkan bahan kimia yang mencemari udara kamar Anda.

Pemeliharaannya yang mudah juga membuat Anda tidak perlu repot menyiramnya setiap hari. Lidah buaya akan tumbuh dengan baik tanpa memerlukan sinar matahari langsung.

3. Lidah mertua

Lidah mertua juga terbukti mampu mengeluarkan oksigen di malam hari saat Anda tidur. Selain itu, secara bersamaan tumbuhan ini juga mengambil karbon dioksida dari kamar dan menyaring senyawa jahat dari udara termasuk formalin dan benzena.

Dengan kata lain, tanaman untuk kamar ini mampu membersihkan udara sehingga Anda tidak terlalu terganggu dengan berbagai bau-bauan yang tercium di dalam kamar. Tanaman ini sangat ideal untuk orang-orang yang memiliki alergi berat, asma, dan serangkaian masalah pernapasan lainnya.

4. Valerian

Valerian adalah salah satu tanaman untuk kamar yang telah terbukti meningkatkan sistem otak yang bertanggung jawab mengendalikan rasa rileks. Oleh karena itu, akar bunga  valerian dianggap sebagai salah satu herbal terbaik untuk mengatasi insomnia. Bahkan, tanaman yang satu ini juga menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk obat penenang.

5. Tanaman Spathyphllum (Lili Perdamaian)

Sebuah tanaman hijau yang dengan cepat menarik hati semua penghuni rumah: daunnya berwarna cerah, segar dan sederhana, cocok untuk setiap ruangan. Tanaman ini berasal dari daerah sekitar Pasifik. Tidak mengherankan jika tanaman ini sangat lembab. Spathyphllum terlihat paling cantik bila mendapatkan air secara teratur. Kekurangan air bisa berakibat fatal untuk tanaman ini dalam waktu yang sangat singkat.

Dengan perawatan yang baik, Anda bisa menikmati bunga berwarna cerah di musim semi dan musim panas. Selama periode ini, disarankan menggunakan pupuk bunga untuk memberi nutrisi pada tanaman secara optimal. Karena Spathyphllum lebih suka tempat yang lebih gelap dan hangat, kamar tidur sangat cocok untuk tanaman ini.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed