by

Eddy Santana Putra: Banjir Bandang Puncak Harus Jadi Perhatian Serius

BOGORONLINE.com, Cisarua – Bencana banjir bandang dan longsor yang menerjang kawasan Gunung Mas, Puncak Cisarua (19/1), menjadi perhatian berbagai pihak. Selain Menko PMK, Wagub Jabar, anggota DPR-RI pun turut hadir dan memberikan catatan khusus atas musibah yang menimpa 180 KK dan seribuan jiwa tersebut.

Legislator pusat dari komisi V, Eddy Santana Putra, menyebut banjir yang melanda Puncak harus jadi perhatian serius.

“Puncak ini kan hulunya sungai yang menuju Jakarta, kalau dibiarkan banjir tanpa dicari akar masalahnya, gimana Jakarta,” ungkap Eddy saat meninjau jembatan rubuh di Rawa Dulang, Cisarua, Bogor, Rabu (20/1/2021).

Eddy mengatakan bencana banjir memang terjadi di mana-mana, namun banjir di kawasan Puncak menjadi fenomena yang luar biasa dan harus dicari akar masalah dan penyebabnya. Sebab, menurut Eddy, sungai yang alirannya menuju Jakarta mayoritas titik hulunya ada di Puncak. Sehingga jika tidak dikendalikan ekosistem hulu sungainya, maka penduduk Jakarta termasuk pejabat di dalam nya jangan menyalahkan jika ibu kota terus banjir.

“Ini isu lingkungan yang serius, kita harus berani keluarkan kebijakan untuk menghentikan ini,” ujarnya.

Membidangi insfrastruktur di Parlemen, Eddy mengatakan banyak pengamatannya terhadap pembangunan di kawasan Puncak, terutama pendirian bangunan yang ilegal. Artinya Eddy mengajak kepada pemangku kebijakan untuk berani mengeluarkan kebijakan dan menindak para oknum yang secara semena-mena mendirikan bangunan yang merusak lingkungan. Eddy menyebut permasalahan tidak hanya diselesaikan secara penanggulangnya, namun perlu juga membangun kesadaran agar bisa saling menjaga ekosistem yang ada.

“Saya pernah mendapat laporan, kawasan Puncak Bogor ini hutan lindungnya sudah terbuka 1.200 hektar lebih. Nah ini kan persoalan, harus diselesaikan,” kata dia.

Dalam kesempatan meninjau lokasi bencana dan pengungsian, Eddy pun berkesempatan ngobrol langsung dengan warga yang terdampak. Lalu bersama sang istri dia pun turut memberikan bantuan langsung kepada warga yang terdampak. Dalam kesempatan berbincang dengan korban, Eddy pun belanja masalah dan mengatakan akan membawanya ke parlemen untuk dibahas bersama rekan legislatornya dan pemerintah eksekutif.

“Alhamdulillah di hari ini kebetulan saya Ultah, sekalian berbagi dengan para korban. Aspirasi mereka saya tampung dan nanti akan saya bahas di Senayan,” kata Eddy menutup. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *