by

Pemerintah Genjot Produktivitas Pertanian Dengan Alsintan

BOGORONLINE.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), bakal menggenjot produktivitas pertanian di tahun 2021. Untuk mendukung hal tersebut, sebanyak 34.356 unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) disiapkan.

Unit Alsintan yang disiapkan untuk mendukung pertanian tersebut terdiri dari Cultivator sebanyak 3.000 unit, Hand Sprayer 17.800 unit, Pompa Air 7.000 unit, Rice Transplanter 360 unit, Traktor Roda Dua 5.596 unit dan Traktor Roda Empat 600 unit.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Alsintan memiliki peran penting dalam penyediaan pangan guna mendukung ketahanan pangan.

“Penyediaan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia adalah hal yang penting. Dan hal tersebut menjadi bagian dari ketahanan pangan. Dengan alsintan, kita ingin memastikan penyediaan pangan tidak terkendala. KIta juga berharap petani bisa memaksimalkan peran alsintan untuk mendukung pertanian yang maju, mandiri dan modern,” katanya, Minggu (3/1/2021) lalu.

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy menyampaikan harapan serupa. Menurutnya, Alsintan adalah bentuk bantuan dari Pemerintah untuk memajukan petani.

“Bantuan alsintan ini merupakan stimulan yang ditujukan bagi kelompok tani agar dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan kapasitas kerjanya,” tutur Sarwo.

Dijelaskan, bantuan alsintan itu akan diberikan ke daerah-daerah sentra tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

“Bantuan alsintan tahun anggaran 2021 ini untuk mendukung program food estate,” terang Sarwo. (Soeft/SA/rls)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *