by

Ratusan Warga Kota Bogor Terima Sertifikat PTSL

BOGORONLINE.com, Bogor Tengah – Kantor Pertanahan Kota Bogor menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada warga Kota Bogor dalam penyerahan sertifikat untuk rakyat se-Indonesia, di Balaikota Bogor, Selasa (5/1/2020). Acara ini dibuka langsung Presiden Joko Widodo secara virtual.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh mengatakan, penyerahan sertifikat di Kota Bogor ini merupakan tahap dua setelah tahap satu dilaksanakan sebulan lalu. Pada tahap dua ini ada 300 sertifikat yang diserahkan kepada warga.

“Untuk Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sudah selesai dan tahun 2020 hanya meningkatkan dari klaster K3 ke K1. Klasifikasi K3 ini yang berkas belum lengkap dan tidak ada di tempat. Ada 650 bidang yang sudah melengkapi berkas 650 bidang. Jadi sekarang ini tahap dua penyerahan 300 sertifikat,” kata Ery.

Ia menambahkan, pada tahun ini pihaknya akan meningkatkan kembali dengan target 5.000 bidang dari K3 ke K1. “Jadi tahun 2021 kita dianggarkan kembali 5.000 bidang untuk ditingkatkan dari K3 ke K1,” ujarnya.

Dijelaskan Ery, banyak keuntungan yang didapat setelah memiliki sertifikat. Selain sertifikat ini menjadi bukti hak kepemilikan atas tanah, juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi keluarga melalui jaminan modal usaha.

“Sertifikat ini kepastian hak atas tanah, bisa juga untuk peningkatan PAD dari NJOP. Macam-macam keuntungan sertifikat ini. Lalu bisa juga andai dijadikan modal usaha untuk peningkatan ekonomi keluarga,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah Dwikorawati menyampaikan pihaknya ikut merasakan senang seperti yang dirasakan warga yang menerima sertifikat melalui program PTSL.

Program PTSL yang digawangi Kantor Pertanahan Kota Bogor, menurutnya, telah membantu mempercepat proses mendapatkan sertifikat bagi warga.

“Kita ikut merasakan kesenangan para penerima sertifikat karena tadi juga ditanya sudah berapa lama rata-rata tinggal di rumahnya. Ada yang 20 tahun, 30 tahun dan ada ibu tinggal sendiri yang tidak mungkin mengurus sendiri dengan kondisi mereka. Tapi dengan adanya program PTSL ini luar biasa bisa membantu percepatan mendapat sertifikat,” kata Syarifah.

Senada juga diungkapkan Syarifah. Dengan sertifikat tentunya warga akan memiliki kepastian hak atas tanah, dan ada nilai tambah juga keuntungan secara ekonomi bagi keluarga.

“Dan kita dengan BPN banyak kerjasama dalam rangka peta digitalisasi di Kelurahan, sertifikasi dan pengamanan aset. Kedepan kita akan lebih meningkatkan kerjasama ini,” imbuh Syarifah memungkas. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *