by

Ade Yasin Susur Sungai di Bojong Kulur

BOGORONLINE.com, Pemerintah Kabupaten Bogor tidak diam dan terus melakukan upaya-upaya mitigasi bencana banjir di Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri. Hal itu dilakukan agar masyarakat merasakan ketenangan.

Hari ini Bupati Bogor bersama Dandim 0621 dan Kapolres melakukan susur sungai serta melakukan pembersihan sampah.

“Berbagai persoalan sudah kita liat, terjadi pendangkalan, akan kami keruk termasuk sampahnya, kita juga tetap komunikasi dengan BBWS terkait persoalan kewenangan. Tapi, yang kita bisa kerjakan hari ini, kita kerjakan,” ungkap Ade Yasin, Ahad (14/2/2021).

Ade Yasin melanjutkan, hari ini dinas-dinas terkait bersatu padu, BPPD melakukan upaya-upaya mitigasi bencana, BBWS membangun bronjong, DLH membersihkan sampah sungai. Sedangkan PUPR melakukan pengerukan pendangkalan melalui alat-alat beratnya. Ade Yasin juga meminta bukan hanya Pemerintah yang memfasilitasi tetapi perlu peran serta masyarakat.

“Kita butuh masyarakat untuk berperan aktif melakukan gotong royong. Karena bencana ini dirasakan oleh semua pihak, jadi kita sama-sama cari solusi untuk bencana banjir di Bojong Kulur ini,” jelasnya.

Sejak 2021 awal, Pemda Kabupaten Bogor telah melakukan mitigasi bencana dengan memberikan 19 pompa air.

“Alhamdulillah masyarakat sendiri yang bilang kepada saya, tertolong sekali dengan adanya pompa air, yang biasanya saat 2020 banjir besar dan lumpur banyak, sekarang banjir surut hingga se-mata kaki,” ungkapnya lagi.

Terkait penambahan pompa air, Bupati Bogor Ade Yasin akan koordinasi berdasarkan kebutuhannya dengan Kepala Desa, RT/RW dan Kepala KP2C yang selalu memantau perkembangan aluran sungai.

“Kalo memang dibutuhkan tambahan pompa air, kita akan bangun lagi,” tandas Bupati Bogor. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *