by

TIM KKN UNS DUKUNG UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI SEMINAR DIGITALISASI UMKM

BOGOR – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tetap aktif dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Integratif yang diselenggarakan selama 45 hari, yaitu mulai dari 12 Januari hingga 25 Februari 2021.

Kelompok KKN UNS 13 melakukan kegiatan pembelajaran dan sosialisasi kepada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Integratif yang disebar ke delapan kecamatan di wilayah Bogor.

“Program KKN Tematik Integratif ini dibagi menjadi dua program, yaitu ada program kerja utama dan program kerja penunjang. Nah, untuk keduanya ini ada yang diadakan secara daring dan luring. Lalu, kegiatan KKN kelompok kami ini tersebar tidak hanya di satu lokasi saja, tetapi ada di beberapa daerah tempat anggota kami tinggal, sehingga kegiatan KKN kami dapat bermanfaat luas dan menyeluruh di berbagai wilayah,” ujar Ilham Maulana, selaku Koordinator Kelompok KKN UNS 13 pada, Jumat (19/2).

Program utama yang dilaksanakan oleh Kelompok 13 KKN UNS mengangkat tema Ketahanan Ekonomi Masyarakat yang berkfokus pada ekonomi digital. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada masyarakat, terutama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah Bogor, terkait perkembangan dan pemanfaatan ekonomi digital melalui acara Seminar Digitalisasi UMKM.

Seminar Digitalisasi UMKM dilaksanakan secara tatap muka pada 6 Februari 2021 di Aula Kantor Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Acara seminar diikuti oleh 20 peserta yang merupakan anggota UMKM/IKM Kecamatan Cigombong. Tidak hanya itu, acara ini turut dihadiri oleh Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Cigombong, Ade Suryana, serta Ketua UMKM/IKM Kecamatan Cigombong, Tety Vavitiani.

“Alhamdulillah, sangat berterima kasih atas adanya acara Seminar Digitalisasi UMKM Kecamatan Cigombong karena sangat bermanfaat untuk kami. Semoga teman-teman bisa membimbing UMKM kami untuk terus mengembangkan bisnisnya di era pandemi,” terang Tetty Vavitiani, selaku Ketua Forum UMKM/IKM Kecamatan Cigombong pada Sabtu (6/2).

Peserta seminar dibagi menjadi dua sesi yang diisi oleh anggota Kelompok KKN UNS 13. Sesi pertama yaitu Seminar Digitalisasi UMKM yang diisi oleh Farah Nabila. Peserta diberikan informasi mengenai pemanfaatan ekonomi digital yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu, peserta juga dibimbing dalam pembuatan akun bisnis dengan mudah, cepat, dan praktis di salah satu situs elektronik komersial, Shopee.

Sesi kedua adalah Pelatihan Packing Produk yang diisi oleh Razien Redfan Soengkar. Peserta diberikan tips and trick mengenai packaging atau kemasan yang tepat, efektif, dan menarik bagi para pelaku bisnis online dalam menjaga kualitas produk agar aman saat diterima oleh pembeli. Penyelenggara, peserta, maupun pihak pendukung acara tetap menjalankan acara seminar dengan memerhatikan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Program ini juga dilaksanakan secara online melalui akun Instagram @bangkitlahbogor. Berbagai informasi terkait pemanfaatan ekonomi digital dibagikan melalui akun tersebut, seperti cara mendapatkan uang melalui Alamy Stock, Shutterstock, Appen Project, dan berbagai platform digital lainnya.

Kelompok KKN UNS 13 juga melaksanakan kegiatan individu yang telah disebar ke delapan kecamatan di wilayah Bogor, di antaranya Kecamatan Babakan Madang, Kecamatan Cigombong, Kecamatan Megamendung, Kecamatan Pamijahan, Kecamatan Bogor Barat, Kecamatan Bogor Utara, Kecamatan Tanah Sareal, dan Kecamatan Sukaraja. Program kegiatan ini bertujuan untuk mendukung masyarakat dalam pemahaman informasi terkait Covid-19.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh para peserta KKN pada program ini, seperti pembuatan minuman susu beraneka rasa dan salad buah, pembuatan hand wash dan keran air, pembuatan makanan sehat, pelatihan pembuatan masker kain, pemasangan mesin touchless hand sanitizer, serta memberikan informasi mengenai olahraga dari rumah. Selain itu, program ini juga melaksanakan kegiatan Rumah Belajar yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak di tengah Pandemi Covid-19.

“Harapan yang ingin kami capai dari program KKN ini adalah kami semua mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang kami terima selama di kampus ke masyarakat secara langsung, seperti salah satu program kerja utama kami, yaitu seminar digitalisasi UMKM, di situ harapannya masyarakat UMKM dapat memahami tentang online marketing, dan nantinya penjualan mereka semakin meningkat dan menyebar ke banyak daerah,” terang Ilham, Jumat (19/2).

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *