by

Pemkab Bogor Belum Penuhi Aspirasi Warga Sekitar TPAS Galuga

Bogoronline.com, Cibinong – Pemerintah Kabupaten Bogor belum memenuhi tuntutan warga sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Galuga, yang disampaikan pada akhir tahun lalu. Tuntutan tersebut antara lain menggratiskan air bersih dan juga jalan khusus untuk armada angkutan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Asnan Suganda memastikan pihaknya tidak akan memberikan air bersih melalui Perumda Air Minum PDAM Tirta Kahuripan secara gratis kepada masyarakat sekitar TPAS Galuga.

“Tidak mungkin digratiskan. Kerena kalau dikelola PDAM harus ada retribusinya, paling hanya bersubsidi untuk meringankan masyarakat disana,” ujarnya.

Baca juga : Tampung Aspirasi, DPRD Gelar Rapat di TPAS Galuga

Kendati demikian, subsidi air bersih yang akan diberikan kepada masyarakat pun akan disesuaikan dengan tingkat ekonomi masyarakat yang ada di TPAS Galuga.

“Subsidi air bersih juga tidak semuanya disamakan, tapi akan dilihat sesuai dengan tingkat kemampuan masyarakatnya,” paparnya.

Selain air, kata dia, masyarakat sekitar juga menuntut untuk dibuatkannya jalur khusus truk pengangkut sampah. Namun pihaknya belum menemukan sisi terang untuk hal tersebut lantaran jalur menuju TPAS Galuga hanya melewati arus satu-satunya.

“Kemudian, dengan jalan khusus kita kaji lagi, nanti lewat mana. Kemungkinan atau tidaknya jalur khusus akan terealisasikan kami belum bisa memastikan,” kata dia (eg)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *