by

Mantap! Cibinong Jadi Pusat Koi dan Maskoki se-Indonesia

 

Bogoronline.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono meresmikan Pusat Koi dan Maskoki Nusantara di Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (7/3).

“Produk ikan hias tidak hanya diminati oleh pasar domestik tapi juga luar negeri. Hari Ini saya meresmikan Pusat Koi dan Maskoki Nusantara di Raiser Ikan Hias Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,” kata Sakti Wahyu Trenggono.

Menurutnya, ekspor ikan hias Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Berdasarkan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, ekspor ikan hias Indonesia senilai US$33 juta pada 2019, meningkat signifikan dari tahun 2012 sebesar US$21 juta. Nilai ekspor ikan hias Indonesia tahun 2019 ini merupakan 10,5% dari pasar ikan hias dunia.

“Oleh sebab itu, membuat Indonesia tak pernah absen menjadi 5 besar negara pengekspor ikan hias sejak 2010 dan menjadi yang terbesar di dunia pada tahun 2018,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Komoditas ikan hias ekspor Indonesia antara lain adalah napoleon wrasse, arwana, cupang hias, dan maskoki.

“Dan negara tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia adalah China, Amerika, Rusia, Kanada, dan Singapura,” paparnya.

Dengan pencapaian-pencapaian tersebut, Sakti Wahyu meminta untuk mengoptimalkan potensi produksi dan ekspor ikan hias Indonesia ke pasar dunia.

“Dalam pengembangannya harus tetap memperhatikan perlindungan dan pelestarian. Ketelusuran, sertifikasi, registrasi dan prinsip kehati-hatian juga harus menjadi perhatian. Antara ekologi dan ekonomi harus sama-sama dijaga,” tambahnya.

Ia berharap dengan kehadiran Pusat Pengembangan dan Pemasaran Ikan Hias – Raiser Ikan Hias di Cibinong, Bogor bisa membuka peluang pasar baru dan promosi serta lebih memacu dan meningkatkan pangsa pasar ikan hias Indonesia di dunia internasional.

“Raiser ikan hias ini satu-satunya fasilitas pengembangan dan pemasaran ikan hias terbesar milik pemerintah. Mari kita optimalkan!,” ajak Sakti. (eg)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *