by

Produk UMKM Bogor Bisa Masuk Minimarket, Ini Syaratnya!

Bogoronline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan membuat terobosan baru yakni memasukan produk UMKM ke Minimarket.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Asep Mulyana menyampaikan, ide tersebut merupakan hasil dari rapat Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Kabupaten Bogor untuk mengakomodir UMKM yang ada di Kabupaten Bogor.

Dia juga menyampaikan, minimarket yang akan menjadi sasaran sebagai wadah para pegiat UMKM di Kabupaten Bogor ini adalah Alfamart dan Indomaret.

“Ini merupakan hasil kunjungan kerja DPRD Kabupaten Bogor ke PT Alfaria Trijaya dan PT Indomaret,” kata Asep Mulyana saat ditemui Bogoronline.com, Jumat (12/03).

Selain itu, kata Asep, UMKM yang bisa memasok produk ke dua minimarket tersebut adalah UMKM yang sudah memiliki legalitas resmi dari pemerintah.

“Pegiat UMKM yang bisa memasok produknya tidak semuanya, tapi yang sudah memiliki legalitas resmi seperti memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), dan memiliki legalitas halal,” tutupnya.

Sebagai informasi, Pemkab Bogor memiliki sebanyak 28.000 pelaku UMKM berdasarkan data dari 2016 hingga 2021 yang tercatat di di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor yang sudah terdaftar dan mengikuti pelatihan-pelatihan.

Sementara itu, data UMKM yang tercatat sebagai pengaju usulan batuan presiden ada sebanyak 330.000 pelaku UMKM. (Egi)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *