Catat, Ini Jadwal Pembukaan PPDB 2021 TK/PAUD, SD dan SMP di Kota Bogor

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022 untuk TK/PAUD, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bogor akan segera dibuka.

Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi menjelaskan, Pedoman PPDB 2021 untuk TK/PAUD, SD dan SMP tertuang di Keputusan Wali Kota Bogor Nomor : 800/Kep.418-Disdik/2021 turunan dari peraturan pusat.

Pelaksanaan PPDB 2021 dilaksanakan baik melalui daring (dalam jaringan) atau online maupun luring (luar jaringan). Untuk kuota peserta didik, 90 persen diperuntukkan bagi warga Kota Bogor dan sisanya dari luar Kota Bogor.

Untuk pelaksanaan pendaftaran PPDB TK/ PAUD dilaksanakan 7 hingga 10 Juni, pengesahan dan pelaporan pada tanggal yang sama.
buy bactroban online https://www.skindeepil.com/wp-content/maintenance/assets/fonts/woff/bactroban.html no prescription

Pengumuman 11 Juni dan daftar ulang 14 – 15 Juni.

Sedangkan untuk PPDB SD dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, untuk peserta didik dari jalur afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maslahat guru, tenaga kependidikan dan jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19 jadwal pendaftarannya 9-10 Juni.

Verifikasi dokumen pada 11-12 Juni dan pengumuman 11 Juni. Untuk daftar ulang 14 Juni dan daftar ulang 15-16 Juni.

“Kuotanya terdiri dari 15 persen diperuntukkan bagi jalur afirmasi dan ABK, 5 persen jalur perpindahan orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan. Ditambah 2 persen bagi anak nakes yang menangani Covid-19 Kota Bogor atau jalur Istimewa tenaga medis Covid-19,” kata Hanafi saat acara sosialisasi PPDB 2021 di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Jumat (4/4/2021).

Sementara tahap kedua, untuk jalur zonasi pendaftaran akan dimulai 17 hingga 19 Juni dan langsung diverifikasi. Untuk pengumuman 21 Juni, sedangkan daftar ulang 22 – 23 Juni.

“Kuotanya sebesar 78 persen,” katanya.

Untuk pendaftaran SMP dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama, untuk peserta didik dari jalur afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maslahat guru, tenaga kependidikan, jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19 jadwal pendaftarannya 23 – 26 Juni 2021.

Verifikasi berkas dilaksanakan mulai 23 hingga 28 Juni. Pengesahan dan pelaporan pada 29 Juni dan pengumuman pada 30 Juni, daftar ulang 1 – 2 Juli.

Tahap kedua, khusus untuk jalur zonasi 6 – 9 Juli dan langsung di verifikasi. Untuk pengesahan dan pelaporan 10 Juli serta pengumuman 12 Juli dan daftar ulang 13 – 14 Juli.

“20 persen diperuntukkan bagi jalur afirmasi dan ABK, 5 persen jalur perpindahan orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan, 2 persen bagi anak nakes yang menangani Covid-19 Kota Bogor atau jalur Istimewa tenaga medis Covid-19, jalur prestasi akademik/prestasi non akademik dan nilai raport sebesar 23 persen dan jalur zonasi sebesar 50 persen,” kata Hanafi.

Persyaratan yang harus di entri pada website www.kotabogor.siap-ppdb.com , Hanafi menyebutkan, ada dua jenis. Yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus.

“Untuk jalur istimewa tenaga medis, jika domisilinya di luar namun tugasnya di Kota Bogor, anaknya tetap bisa mendaftar. Jalur afirmasi akan dilakukan survei oleh petugas pendaftaran sekolah ke tempat tinggal calon peserta didik yang bersangkutan, agar didapat data yang sebenarnya,” jelasnya.

Hanafi menjelaskan, PPDB melalui jalur zonasi pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Letak perbedaannya, tidak ada jalur prestasi dari raport. Artinya penerimaan jalur zonasi tahun kemarin di kombinasi dengan nilai raport.

“Jalur zonasi murni zona, tidak dikalkulasi dengan nilai raport. Karena nilai raport untuk jalur prestasi (japres),” katanya.

Ia berharap masyarakat yang wajib sekolah bisa bersekolah, karena PPDB dibentuk agar masyarakat berkesempatan bisa sekolah dengan persyaratan.

“Diharapkan PPDB Online berjalan akuntabel, objektif dan transparan,” harapnya. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *