by

Pasar Tanah Baru Akan Direvitalisasi untuk 221 Pedagang

BOGORONLINE.com, Bogor Utara – Revitalisasi Pasar Tanah Baru bakal segera terwujud. Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor memproyeksikan gedung pasar yang terletak di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara itu untuk 221 pedagang basah maupun pedagang kering.

Direktur Operasional (Dirops) Perumda PPJ Kota Bogor, Deni Aribowo mengatakan, revitalisasi Pasar Tanah Baru senilai Rp 3,6 miliar ini merupakan bantuan dari Kementerian Perdagangan Tahun Anggaran 2021. Rencananya, proyek tersebut akan ditenderkan bulan depan.

“Informasi terakhir saya terima rencana proses lelang bulan Juli di Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Kota Bogor. Pembangunan mungkin bisa mulai di bulan Agustus,” kata Deni, Kamis (24/6/2021).

Dijelaskan, Pasar Tanah Baru memiliki konsep seperti hanggar dengan dilengkapi kios dan los. Namun di gedung baru nantinya akan lebih diperbanyak dengan los.

“Kondisi eksisting pasar saat ini los itu ada 40 dan kios berjumlah 20. Untuk usulannya bangunan baru nanti jumlah los 145 dan kiosnya menjadi 14. Untuk pedagang berjumlah 221 pedagang,” paparnya.

Jika tidak kendala, imbuh Deni, revitalisasi pasar ditargetkan rampung akhir tahun ini. Untuk pedagang yang mengisi pasar sendiri diutamakan pedagang eksisting dan ada beberapa pedagang sekitar akan diakomodir masuk ke dalam pasar.

“Ada beberapa pedagang sekitar yang sudah daftar. Kita peruntukan pasar di sana untuk pedagang basah dan kering, seperti sembako dan ada permintaan untuk berjualan baju-baju muslim,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Pasar Tanah Baru akan masuk dalam pengelolaan Perumda PPJ. Namun untuk teknis penyerahan gedung, ia sejauh ini belum mendapatkan informasi lebih lanjut.

“Iya (dikelola Perumda PPJ). Tapi ini belum ada, apakah nantinya dihibahkan atau masuk ke perda (peraturan daerah),” jelas Deni. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *