by

Tanam Jagung, Petani di Desa Mekarsari Rumpin Raup Keuntungan Jutaan

 

BOGORONLINE.com, RUMPIN – Kelompok tani di Kampung Tarogong Demplot Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin Bogor, berhasil membuktikan panen jagung dengan meraup untung besar dalam panen raya di lahan seluas 1, 8 hektar, Kamis (9/9).

Dalam panen raya tersebut, para petani mendapatkan keuntungan sebesar Rp8 juta hingga Rp10juta.

Salah satu petani, Mad Yunus memaparkan, dari penanaman jagung itu baru bisa dipanen setelah 100 hari. “Sekarang hasil panen kita mencapai 11 ton, yang biasanya hasil panen itu hannya 8 ton,” jelasnya.

Dia mengaku, meski di masa pandemi covid-19, hasil pertanian tidak samasekali terganggu oleh wabah pandemi tersebut. Bahkan, kata dia, pendistribusian hasil tani juga terbilang baik.

“Jagung ini untuk diproduksi pakan ayam, penjualan jagung ini ke wilayah Tangerang Depok Bekasi dan Bandung. Harganya juga sekarang sangat bagus sehingga, dari hasil panen, petani mendapatkan untung, “terangnya.

Sementara itu kepala Desa Mekarsari Hendrik menuturkan, dimasa pandemi, pemdes mekarsari terus meningkatkan ekonomi di segala bidang terutama pertanian di wilayah kadus satu khusunya di kampung demplot kelompok tani tunas muda.

Selain itu, lahan pertanian di wilayah Desa Mekarsari seluas 2 hektar yakni lahan darat dan sawah yang kemudian dimanfaatkan oleh kelompok tani yang sudah kita bentuk hingga tingkat RW.

“Kami juga bersinergi dengan Dinas pertanian Kabupaten Bogor untuk mengembangkan pertanian, dan kelompok tani kami juga sudah mendapatkan bantuan, baik secara fisik ataupun bantuan benih, “ujar kades Mekarsari.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *