Warga di Rancamaya Terima Sertifikat PTSL

BOGORONLINE.com, Bogor Selatan – Warga di Kelurahan Rancamaya menerima sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dari Kantor Pertanahan Kota Bogor, pada Kamis (23/9/2021).

Penyerahan sertifikat dilaksanakan di aula kantor Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan. Acara penyerahan dihadiri Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim beserta Camat Bogor Selatan Hidayatulloh dan Lurah Rancamaya Arief Hidayat.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menyampaikan, ada 35 sertifikat tanah yang hari ini diterima oleh warga. “Alhamdulillah setelah beberapa tahun warga menanti kepastian tentang kepemilikan tanah, hari ini BPN sudah menyerahkan 35 dan 75 sertifikat milik warga yang selesai program PTSL,” ujarnya.

Dikemukakan Dedie, untuk sertifikat yang belum terbit atau diserahkan memang ada beberapa kendala, di antaranya adalah kekurangan dokumen pendukung dari warga dalam program ini.

“Jadi memang permasalahannya komplek, bukan hanya permasalahan administrasi di BPN saja, tetapi bagaimana warga menyiapkan dokumen-dokumen pendukung, kemudian juga kesesuaian dengan fakta di lapangan tentang ukuran dan lain sebagainya itu yang menjadi kendala,” kata Dedie.

Namun demikian, lanjutnya, untuk bidang tanah sisanya diupayakan selesai, sehingga bisa diserahkan kepada warga.
buy zovirax online https://bergenderm.com/wp-content/themes/bergenderm/media/logos/logo/zovirax.html no prescription

“Dengan kondisi saat ini telah diserahkan 35 dan sisanya akan menyusul, artinya itu komitmen kita semua dari sejak pendataan di kelurahan sampai dengan pemetaan dan pengadminsitrasian di BPN,” tandasnya.

Ia membenarkan bahwa dengan adanya sertifikat tersebut warga memiliki kepastian hak kepemilikan atas tanah. Selain itu, keuntungan lainnya ada nilai tambah dari sertifikat tersebut.

“Iya dengan adanya sertifikat warga punya kepastian hak kepemilikan tanah, kedua tentunya dengan sertifikat mereka juga bisa menikmati kenaikan harga tanah meskipun tidak harus dijual tetapi kalau seandainya ada keperluan usaha bisa diagunkan ke bank. Jadi ada nilai ekonomis juga,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Hidayatulloh mendorong upaya percepatan proses sertifikasi untuk bidang tanah lainnya dengan mengajak warga segera melengkapi dokumen yang dibutuhkan agar sertifikat segera selesai.

Ditempat yang sama, Lurah Rancamaya Arief Hidayat mengatakan, sertifikat tanah yang diserahkan pada hari ini merupakan pengajuan warga dalam program PTSL pada 2018. Sementara untuk sisanya sekitar 75 bidang tanah akan segera divalidasi kembali.

“Jadi kendalanya terkadang warga ada kekerungan berkas, seperti berkas lengkap belum ditandatangani pemohon itu kekurangan juga. Oleh karenanya, kami akan memvalidasi kembali yang sisanya tadi,” jelasnya.

Berkenaan dengan kegiatan hari ini, kata Arief, ke 35 sertifikat tersebut akan langsung disalurkan kepada warga dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Kalaupun ada warga yang bisa tidak hadir, maka diwakilkan dengan syarat membawa surat kuasa.

“Iya bisa diwakilkan ketika perwakilan itu membawa surat kuasa,” jelas Arief. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *