by

Tim Wasev Meninjau TMMD 112 Klapanunggal Bogor

BOGORONLINE.com, KLAPANUNGGAL – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 112 TA 2021 Kodim 0621/Kab. Bogor yang dibuka Bupati Bogor Ade Yasin (15/9) lalu, ditinjau Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev). Tim yang dipimpin Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna terjun langsung melihat perkembangan lapangan.

Kehadiran Tm Wasev dari Mabes TNI AD, didampingi Komandan Korem (Danrem) 06/Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi, disambut Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Sukur Hermanto selaku Dansatgas TMMD. Turut hadir menyambut, Camat Klapanunggal, Achmad Kosasih bersama Kades Cikahuripan Andi Upi dan Kades Bojong.Ade Nurdiana.

Ketua Tim Wasev mengatakan, kehadiran TMMD yang dulu ABRI Masuk Desa (AMD) karena permintaan masyarakat. Permintaan selanjutnya diteruskan melalui pemerintah setempat, mulai Kades, Camat sampai Bupati dan Forkopimda bersama Dandim selanjutnya dimusyawarahkan.

“Saya mengapresiasi kinerja anggota yang tanpa lelah bersama masyarakat sekitar bergotongroyong. Kebersamaan TNI dan warga masyarakat, menandakan, TNI tidak ingin jauh karena bagian dari masyarakat,” kata Tatang kepada wartawan usai meninjau lokasi, Kamis (29/9)

Pelaksanaan TMMD 112 Kodim 0621, dinilai luar biasa. Pasalnya, jalan sepanjang 2450 meter yang sebelumnya lebar hanya 4 meter, kini 12 meter. Dengan terbangunnya jalan itu, akan menjadi urat nadi bagi masyarakat beraktifitas.

“Sebagai tim evaluasi, apa yang dilakukan dan dilaksanakan anggota, luar biasa. Jalan yang sebelumnya hanya empat meter, kini menjadi dua belas meter,” jelasnya.

Dengan dibangunnya jalan itu, diharap dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar. Karena jalan merupakan urat nadi pembangunan, maka masyarakat akan melihat dan merasakan sendiri perkembangannya setelah jalan usai dikerjakan.

“Masyarakat yang akan merasakan sendiri, bagaimana ekonomi dan sosial meningkat, khususnya di Klapanunggal. Hasil TMMD ini untuk semua pihak, karena semua ada andil didalamnya,” tandasnya.

Ditambahkan, selain mengerjakan jalan, dilaksanakan juga perbaikan mushallah di Kampung Pangkalan Kulon. Serta pembangunan 1 unit rumah milik warga Kampung Pangkalan Genta milik Nenek Atik (80).

“Banyak sasaran yang bisa dilakukan walau tidak ada dalam program. Saya yakin, penentuan dua kegiatan, pembangunan mushallah dan pembangunan rumah warga merupakan hasil rapat dan keputusan bersama oemerintah setempat,” tambahnya.

Dandim 0621 Sukur Hermanto mengatakan, pekerjaan fisik sudah mencapai 80%, sehingga waktu yang ditentukan, tersisa 15 hari kedepan akan tuntas. Direncanakan, 2 hari sebelum waktu yang ditentukan dapat terwujud semua.

“Dua hari sebelum penutulan, kita melakukan finishing. Sehjngga semua akan selesai pada waktunya,” tegas Dandim didampingi Pasiter Kapten Inf Andika Fitriadi selaku penanggungjawab lapangan.

Sementara itu, Camat Klapanunggal Achmad Kosasih mengucapkan terimakasih atas kehadiran program TMMD di wilayahnya. Menurut dia, dengan program itu, dapat mempermudah warga sekitar melakukan aktifitas.

“Dengan jalan yang bagus dan lebar, diharapkan dapat mempermudah warga beraktifitas, Diharapkan pula dapat mengangkat ekonomi warga sekitar,” pungkasnya. (soeft)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *