by

Ade Yasin Ingatkan Wisudawan INAIS Hadapi Bonus Demografi

PAMIJAHAN-Bupati Bogor, Ade Yasin mengingatkan wisudawan Institut Agama Islam Sahid (INAIS), untuk siap bersaing dan menghadapi bonus demografi tahun 2045 mendatang. Hal tersebut dikatakan Ade Yasin pada Wisuda IV Program S1 dan I Program S2 Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor, di Padepokan Sahid, Pamijahan, Senin (29/11).

Menurutnya, tahun 2045 diprediksi akan terjadinya bonus demografi atau meledaknya para pencari kerja pada umur-umur lulusan S1 dan S2. “Oleh karenanya, kita persiapkan dari sekarang, bonus demografi itu tidak perlu ditakuti. Bonus demografi itu adalah tantangan, kita harus siap menghadapinya dengan bekal ilmu yang cukup, dan keinginan yang kuat untuk sama-sama maju,” kata Ade Yasin.

Selain itu, ia mengingatkan, keberadaan sarjana harus benar-benar memberi makna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. “Hal ini sesuai dengan hakikat Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya.

Ade Yasin juga menyebut, pemerintah kabupaten Bogor telah memberikan kesempatan kepada para pemuda di kabupaten Bogor untuk meneruskan pendidikan ke tingkat lebih tinggi dengan beasiswa Pancakarsa.

“Tahun ini kami membuka 1.200 beasiswa untuk pemuda berprestasi. Alhamdulillah dari 1.200 yang mendaftar 8.000 berarti peminatnya cukup banyak. Mereka berprestasi tidak hanya di bidang akademik, meski itu jadi salah satu syarat, melainkan prestasi menghafal Al Qur’an lima juz sudah bisa mendapat beasiswa, lalu berprestasi di bidang seni, olahraga dan lain-lain, termasuk bidang sosial. Jadi ini untuk memudahkan para pemuda mengakses beasiswa,” ungkap Ade Yasin.

Beasiswa ini, lanjut dia, diperuntukkan untuk seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, dan perguruan tinggi swasta di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor. “Termasuk INAIS yang juga ada di Kabupaten Bogor. Silahkan diakses pada tahun 2022 ini, mudah-mudahan ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa, gratis uang kuliah selama empat tahun,” ungkapnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.