by

Cetak Kader Unggul, PAC GP Ansor Kecamatan Leuwiliang adakan PKD Angkatan II

 

Leuwiliang – Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Leuwiliang menggelar pendidikan Kepemimpinan Dasar (PKD) angkatan ke II di SMP IT Al-Ma’rif Desa Karehkel, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor pada 13 dan 14 November 2021 untuk mencetak kader Ansor yang unggul.

Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan kader tingkat Pertama yang wajib diikuti oleh setiap orang yang ingin bergabung dengan Ansor ini, menjadi sebuah sistem pengkaderan di GP ANSOR yang diorentasikan untuk melakukan penanaman ideologi kepada anggota.

Ketua PAC GP Ansor Leuwiliang Sahabat Niam menyampaikan, pengkaderan ini diikuti oleh 50 kader GP Ansor di beberapa kecamatan di kabupaten Bogor.

“Sebetulnya jika tidak kita batasi, jumlah peserta yang ikut akan lebih banyak, tetapi karena perintah dari Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Bogor dikarenakan Pendemi Covid19 jumlah peserta dibatasi 50 orang saja,” kata Niam.

Niam menegaskan, tanggung jawab dan peran Ansor Leuwiliang sangat dibutuhkan. Ia mengajak, dengan pengkaderan itu para kader bisa bersama-sama membumikan keaswajaan.

“Karena NU mudah diterima masyarakat karena memiliki sifat-sifat atau perilaku terpuji, yaitu Tawassuth atau sikap tengah-tengah, sedang-sedang, tidak ekstrim kiri ataupun ekstrim kanan,” jelasnya

Acara pembukaan PKD Angkatan 2 Tahun 2021 dihadiri oleh PC NU Kabupaten Bogor yang diwakili oleh kiyai. Abdul Latif , PC Ansor Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Sahabat Amin Fajri, serta MWC NU Kecamatan Leuwiliang Kiyai Syamsul Rizal.

Sementara, Ketua pelaksana PKD Angkatan II, Adip Susanto memaparkan, tema ‘Membentuk Kader Muda yang Nasionalis Berwawasan Ahlu Sunnah Wal Jama’ah’ ini ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kembali nilai-nilai nasionalisme yang sudah mulai berkurang.

“Saat ini kaderisasi pemuda NU sangat dibutuhkan, dengan ada nya kegiatan ini setidaknya membantu menambah geliat atau gairah anak muda untuk berpartisipasi mengisi kemerdekaan dan membangun negeri ini secara mental. Jadi inilah yg menjadi tujuan diadakan acara PKD GP Ansor Kecamatan Leuwiliang Angkatan 2,” katanya.

Di tempat yang sama, Kiyai Syamsul Rizal dalam sambutannya menegaskan, Ansor saat ini tidak hanya fokus untuk mengabdi kepada Nahdlatul ulama, lebih dari itu Ansor harus tampil ke muka baik dalam perhelatan politik maupun kehidupan bersosial.

“Sudah saatnya GP Ansor yang Terdepan , jangan hanya di wilayah tapi menyebar ke setiap desa khusus nya yang ada di kecamatan Leuwiliang . Saya sangat mendukung dan mensupport Kaderisasi GP Ansor untuk mempersiapkan pemimpin di masa depan,” paparnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *