Representasikan Orang Sunda, Para Tokoh Sepakat Ridwan Kamil Jadi Pemimpin Nasional

 

Bandung – Para tokoh Sunda sepakat untuk mendorong Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk menjadi pemimpin taraf nasional. Hal tersebut lantaran Ridwan Kamil dianggap sebagai representasi masyarakat Sunda oleh para tokoh.

Rektor Universitas Widyatama, Prof Dr.H Obsatar Sinaga mengatakan, Ridwan Kamil menjadi representasi tokoh sunda untuk memimpin nasional karena banyak program yang digagas mengembalikan tata nilai kesundaan.

“Contoh ruang terbuka hijau dll itu merupakan tata nilai orang sunda yang senang menjaga alam, Wanadri paling bagus ada disini. Jadi kecintaannya terhadap alam, taman, itu tata nilai. Ridwan Kamil saya kira saat ini yang terbaik untuk orang Sunda,” kata dia di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir.H Juanda, Bandung, Selasa (25/1)

Menurutnya dengan kapasitas yang dimiliki Ridwan Kamil layak untuk didorong menjadi pemimpin di tingkat nasional. “Sunda adalah Indonesia. Siapapun itu cocok. Orang sunda singer di atas pintar punya kemampuan beradaptasi yang tinggi dan Ridwan Kamil punya karakter itu,” katanya.

Sementara, Guru Besar Komunikasi Politik pada Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Karim Suryadi mengatakan, selama ini orang sunda tidak memiliki simbol di taraf nasional. Ia menyebut, upaya Ridwan Kamil menyatukan sunda patut diapresiasi.

Pihaknya menilai, Ridwan Kamil tepat jika dipresentasikan sebagai tokoh Sunda yang layak jadi pemimpin nasional. Posisi Ridwan Kamil sebagai gubernur menjadi tangga paling kredibel untuk jabatan lebih tinggi.

“Saya melihat Presiden Amerika latar belakangnya gubernur. Kenapa, kalau kita buka catatan apapun yang dikerjakan oleh Presiden itu dikerjakan gubernur. Jadi itu jadi tangga,” katanya.

Prof Karim mengaku, nilai kesundaan pada diri Ridwan Kamil terlihat dari karya-karyanya sejak menjabat sebagai Wali Kota Bandung yang menunjukan sebagai sosok yang berakar pada tradisi budaya dan Islam.

“Tapi yang lebih menonjol visionernya. Saya melihat dari sisi itu dia adalah jawaban untuk Indonesia masa depan karena kita lihat perubahan yang sangat cepat menuntut pemerintahan yang dinamis sehingga ada manajemen perubahan yang cepat dengan agilitinya yang luar biasa itu poin penting dari sosok beliau,” katanya.

Selain itu, Politisi senior Partai Golkar Popong Otje Djunjunan alias Ceu Popong pun angkat suara. Ia mengaku, Ridwan Kamil layak berjuang agar menjadi pemimpin nasional.

Ceu Popong memaparkan, filosofi sunda “jodoh, pati, bagja, cilaka” atau nasib manusia ada pada garis tangan. “Tapi ikhtiar mah wajib, soal jadi atau tidak itu bukan urusan manusia,” katanya.

Menurutnya Golkar sendiri saat ini masih mendorong Ketua Umumnya untuk menjadi calon presiden. Andaikata Golkar nanti mendorong Ridwan Kamil maju, pihaknya dipastikan akan mendukung penuh. “Kalau Ketua Umum Golkar tidak mencalonkan ya pasti Ceu Popong mendukung Ridwan Kamil,” ujarnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *