by

Sandiaga Uno Lepas Ratusan Pesepeda PHRI BikeTour di Bogor

BOGORONLINE.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya dan Ketua Umum Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani melepas ratusan pesepeda PHRI BikeTour etape 3, pada Sabtu (6/8/2022) pagi.

Pelepasan dengan ditandai pengibaran bendera start dilakukan di Kebun Raya Bogor menuju Tugu Kujang untuk melaksanakan upacara bendera. Upacara bendera ini merupakan rangkaian Festival Merah Putih yang dilakukan setiap hari selama bulan Agustus dengan mengajak berbagai elemen masyarakat Kota Bogor.

Prosesi pelepasan juga dihadiri oleh Sekjen PHRI Maulana Yusran, Wakil Ketua Umum PHRI Budi Tirtawisata, Ketua PHRI Kota Bogor Yuno Abeta Lahay, Ketua Umum Festival Merah Putih 2022 Irwan S. Widjaja dan tokoh masyarakat Bogor Guntur Santoso.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga Uno mengatakan, sport tourism semakin lama semakin menjadi magnet untuk pertumbuhan pariwisata di Tanah Air.

“Dengan semakin banyaknya kegiatan sport tourism akan mendorong pergerakan orang-orang ke destinasi tempat pelaksanaan event dan tentunya adanya belanja di daerah tersebut yang tentunya menjadi income bagi warga dan pemerintah setempat,” kata Menparekraf.

Sementara Bima Arya mengungkapkan, bahwa area Tugu Kujang ini nantinya akan menjadi Bundaran HI-nya Kota Bogor, di mana konsep perencanaannya dibuat terintegrasi, mulai dari Tugu Kujang, Lawang Salapan dan Botani Square akan menjadi terintegrasi. Kota Bogor memposisikan diri sebagai destinasi sport, salah satunya melalui beragam konsep seperti Bogor Berlari.

PHRI BikeTour diinisiasi PHRI untuk meningkatkan pergerakan masyarakat melalui sport tourism dan dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal karena konsumsi dan belanja para peserta Biketour.

Hariyadi Sukamdani mengatakan, PHRI sebagai salah satu organisasi di sektor pariwisata juga memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui event event seperti PHRI BikeTour seri Bogor. Selama tahun 2022 ini, pihaknya memiliki agenda BikeTour di 7 kota di Indonesia.

PHRI BikeTour di Bogor adalah etape ke-3 setelah Padang dan Bali. Serupa dengan pelaksanaan sebelumnya di Bali dan Padang, PHRI BikeTour di Bogor diikuti kurang lebih 200 peserta. Adapun rute yang ditempuh sejauh kurang lebih 31 kilometer dan mengambil titik start atau finish di Kebun Raya Bogor.

“PHRI BikeTour merupakan kegiatan sepeda wisata untuk mengenalkan destinasi wisata,
budaya, dan keautentikan sebuah daerah dalam upaya memulihkan sektor pawisata pasca pandemi serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke pelbagai daerah,” tandasnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.