by

KPAD Sayangkan Sekolah Mts di Ciomas Bogor yang Cek Menstruasi dengan ‘Pelorotkan’ CD Siswinya

 

 

 

Cibinong – Sekolah Mts di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor melakukan hal memalukan kepada siswinya untuk mengecek haid muridnya.

 

Pasalnya, sekolah swasta itu memlorotkan celana dalam siswinya untuk memastikan haid atau tidaknya siswi tersebut.

 

“Pengakuan pihak sekolah, dipelorotin CD (Red: Celana dalam) nya ke bawah, untuk dilihat ada bercak darah haid atau tidak, tapi kemaluannya tetap tertutup rok,” kata Komisioner Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor, Asep Saepudin Kamis (22/9/2022).

 

Pengakuan itu didapatkan KPAD Kabupaten Bogor saat melakukan kunjungan ke sekolah swasta itu usai adanya laporan dugaan perbuatan tidak menyenangkan kepada siswinya.

 

Menurutnya, perbuatan tak etis itu merupakan salah satu aturan yang ditetapkan sekolah. Namun, peraturan itu merupakan tahap akhir dari tahapan pendisiplinan siswi untuk mengikuti kegiatan penguatan pendidikan karakter keagamaan pada sekolah swasta tersebut.

 

“Dikatakan bahwa mereka sudah beberapa tahun ini membuat data siklus haid siswi dan pemeriksaan dilakukan setelah pengamatan 3-4 bulan bahwa ditemukan siswi yang selalu melapor masih saja dalam keadaan haid, jadi bukan tanpa dasar pemeriksaan itu dilakukan,” kata Asep.

 

Hal itu dilakukan lantaran para siswi diduga berbohong saat hendak mengikuti kegiatan shalat dhuha di sekolah itu.

 

KPAD menilai, pembiasaan sholat dhuha merupakan hal yang sangat positif sebagai bentuk keseriusan sekolah dalam mendisiplinkan siswa-siswinya.

 

“Tapi kami dari KPAD tidak membenarkan tindakan itu, karena menyangkut privasi sekalipun tujuannya untuk memastikan siswinya berlaku jujur,” paparnya.

 

Ia menyarankan, agar pihak sekolah terlebih dahulu berkonsultasi dengan wali murid usai temuan anak yang berkali-kali melapor masa haidnya saat hendak disuruh mengikuti shalat dhuha.

 

“Melakukan konfirmasi dan konsultasi kepada orang tua siswi, tidak boleh diperiksa pihak guru atau sekolah,” paparnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.