Polres Bogor Berhasil Mengamankan 42 Orang Tersangka Dalam Gelaran Operasi Antik 2023

Cibinong, BogorOnline.com – Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Polda Jawa Barat berhasil melakukan pengungkapan kasus terhadap para pelaku tindak pidana Penyalahgunaan narkotika sebanyak 42 orang tersangka dalam operasi Antik 2023.

Melalui Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Bogor, Kompol Ashimas Sriyono Putra mengungkapkan, jika penangkapan kasus dalam gelaran operasi Antik 2023, hingga berhasil mengamankan 42 tersangka itu, dilakukan oleh jajaran satuan narkoba Polres Bogor, yang digelar selama sepuluh hari mulai pada 20 Juli hingga 2 Agustus 2023 lalu.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam operasi tersebut jajaran satuan narkoba Polres Bogor berhasil mengungkap 34 kasus Penyalahgunaan narkotika jenis sabu ganja dan ekstasi serta berhasil mengamankan 42 orang tersangka, berikut barang bukti sabu seberat 134,35 gram, ganja 126,67 gram, dan ekstasi sebanyak 12 butir.

“Yang mana modus operandi para pelaku ini dalam menjalankan aksinya yakni dengan cara sistem tempel atau menyimpan narkotika di suatu tempat dan secara Cash on delivery (COD) dengan pemesannya,” kata Kompol Ashimas Sriyono dalam keterangan persnya bertempat di Mako Polres Bogor, Jl. Raya Pemda Cibinong, Selasa (8/8/23).

Masih ditempat sama, Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polres Bogor, AKP M. Ilham menambahkan, bahwa dalam jaringan peredaran para pelaku yang berhasil di jajarannya itu meliputi wilayah Kabupaten Bogor.

Menurutnya, dari hasil penyelidikan yang pihaknya lakukan terhadap 42 orang tersangka dengan terdiri dari laki-laki sebanyak 40 orang dan 2 orang perempuan ini, motifnya para pelaku ini dikarenakan faktor ekonomi. Dan para tersangka, sambungnya, meyakini dengan mengkonsumsi narkoba dapat menenangkan diri dan menambah semangat dalam beraktivitas.

“Untuk seluruh tersangka ini, akan kita jerat dengan pasal 114 ayat 2, pasal 114 ayat 1, pasal 112 ayat 1 dan 2 dan pasal 111 ayat 1 dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun, paling lama 20 tahun, dan maksimal seumur hidup atau pidana mati,” tegas AKP M. Ilham.

Selain itu, lanjutnya, dari pengungkapan yang berhasil di lakukan selama operasi Antik 2024 ini, jajarannya mengaku berhasil menyelamatkan kurang lebih sebanyak 1200 jiwa dari penyalahgunaan narkoba.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *