Perumda Tirta Pakuan Terjunkan Tim NRW Atasi Kebocoran Pipa di Cimahpar

BOGORONLINE.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota langsung mengambil langkah untuk memperbaiki kebocoran pipa PVC 8 inci di perempatan Cimahpar arah Griya Soka dan Guru Muhtar, Kecamatan Bogor Utara, pada Kamis, 20 Juni 2024 malam.

Perusahaan pelat merah itu melakukan penanganan kebocoran dimulai pada pukul 22.00 WIB dan berhasil ditangani tim Non Revenue Water atau NRW pada Jumat, 21 Juni 2024 pukul 01.30 WIB.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf memaparkan, terkait kejadian kebocoran pipa di wilayah Cimahpar tepatnya informasi dari masyarakat dan masuk ke media sosial Instagram Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

“Ya, masuknya pukul 20.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dan diketahui pipa PVC diameter 8 inci yang bocor,” kata Ardani kepada wartawan pada Jumat, 21 Juni 2024 siang.

Diungkapkan, menurut informasi saat tim NRW tengah memperbaiki pipa tersebut bahwa sebelumnya alat berat sering lalu lalang di tempat tersebut.

“Karena di wilayah Cimahpar sendiri tengah ada pembangunan. Sehingga kalau kita lihat dari bocornya sendiri berada pada ben 8 x 90 sentimeter dan belahannya betul-betul belah diakibatkan adanya tekanan,” terangnya.

Namun begitu, Ardani bersyukur perbaikan yang dilakukan sesuai dengan jadwal yang diperkirakan, sehingga pada pukul 01.30 WIB sudah selesai dan pukul 02.00 WIB dilanjutkan dengan perapihan.

“Kemudian setelah saat ditutup aliran air, pagi dini hari tadi sudah dibuka kembali,” imbuh Ardani. Ia juga bersyukur pagi tadi air sudah mengalir secara normal khususnya di wilayah Cimahpar.

Pihaknya pastikan kejadian ini menjadi pelajaran bagi Tirta Pakuan, agar apabila setiap ada kegiatan tentunya harus bekerjasama dengan pihak yang bertanggung jawab atau institusi yang bertanggung jawab dengan pelaksana pembangunan.

“Apalagi pembangunan rumah itu berada sekitar lokasi jalur pipa Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Nah, apalagi masih banyak pipa yang berada di jalur Cimahpar tersebut,” katanya.

Informasi yang dihimpun, saat ini progres perbaikan dan perapihan telah selesai serta aliran mulai dibuka kembali. Petugas melanjutkan proses normalisasi pengaliran dengan melakukan pembuangan udara pada hydrant untuk mempercepat proses pemulihan.

Atas kejadian ini, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya. Apabila membutuhkan tangki air bisa hubungi call center 0251-8324111 atau WA 08111182123. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *