Partai Non-Parlemen Bersatu untuk Pilkada Kota Bogor 2024

BOGORONLINE.com – Pilkada serentak semakin dekat, dan para calon kepala daerah (cakada) dari berbagai kalangan dan latar belakang mulai bermunculan, mewarnai dinamika Pilkada di Kota Bogor. Perkembangan peta politik yang sangat dinamis turut mempengaruhi perjalanan pesta demokrasi di kota ini.

Kontestasi politik tidak hanya diusung oleh partai politik parlemen yang berhasil menduduki kursi DPRD Kota Bogor, namun juga didukung oleh partai politik non-parlemen yang gagal meraih kursi pada pemilihan legislatif Kota Bogor 2024 lalu.

Dari delapan partai politik non-parlemen, tujuh di antaranya telah mendeklarasikan diri membentuk Koalisi SOPAN (Solidaritas Partai Non-Parlemen). Ketujuh partai tersebut adalah:

1. Partai Bulan Bintang
2. Partai Hanura
3. Partai Gelora
4. Partai Perindo
5. PKN
6. Partai Garuda
7. Partai Buruh

Koalisi tersebut diinisiasi oleh para ketua partai non-parlemen Kota Bogor dan dikoordinir oleh politisi senior sekaligus Ketua Partai Bulan Bintang Kota Bogor, Edi Darmawansyah.

Menurut Edi Darmawansyah, pada penyelenggaraan Pilkada sebelumnya di Kota Bogor belum pernah terjadi koalisi partai non-parlemen. Oleh karena itu, pembentukan koalisi ini menjadi momen dan sinyal positif bagi perkembangan demokrasi di Kota Bogor.

“Bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H yang jatuh pada tanggal 7 Juli 2024, SOPAN (Solidaritas Partai Non-Parlemen) resmi mendeklarasikan diri dengan tujuan berkontribusi demi kemajuan Kota Bogor. Koalisi non-parlemen ini mengangkat slogan ASIK (Aspiratif, Sistematis, Inovatif, Kekeluargaan),” ungkap Edi.

“Dalam deklarasi ini, SOPAN siap mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Kota Bogor tahun 2024,” imbuh Edi menutup. ***

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *