Kapolresta Bogor Kota Terima Penghargaan dari Menteri PPPA

BOGORONLINE.COM – Kapolresta Bogor Kota Kombes Polisi Bismo Teguh Prakoso menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak pada Kementerian PPPA, Nahar di Aula Mako Muslihat Polresta Bogor Kota, pada Selasa (9/7/2024). Acara penyerahan piagam penghargaan dihadiri oleh Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari.

Penghargaan diberikan atas kontribusi Kapolresta Bogor Kota dalam upaya pencegahan dan penanganan anak-anak yang berhadapan dengan hukum melalui program SKCK Goes to School.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja sebuah lembaga dan Polresta Bogor Kota ini kami mendapat laporan melakukan kegiatan-kegiatan yang sesungguhnya membantu pemerintah dalam menangani anak-anak yang perlu perlindungan khusus dalam hal ini anak-anak yang terlibat tawuran. Upaya ini yang dilakukan Pak Kapolresta Bogor Kota melalui program SKCK Goes to School,” kata Nahar.

Menurutnya, program ini berkontribusi dalam upaya pencegahan yang biasanya kepolisian identik dengan penegakan hukum, namun mitigasi yang dilakukan lebih maju ke depan dalam rangka mencegah anak-anak dalam berhadapan dengan hukum.

“Jadi sebelum itu terjadi begitu ada tanda-tanda anak melakukan tawuran ada laporan dari masyarakat misalnya, kemudian Pak Kapolresta Bogor Kota memasukkan dalam SKCK Goes to School,” ungkapnya.

Dalam catatan Kementerian PPPA, kata Nahar, SKCK Goes to School menjadi semacam laboratorium sosial atau projects perubahan. Program yang dibuat selama 30 hari dengan pembinaan serta pemantauan bersama menjadi bukti kedekatan orang tua bukan hanya kepada anak tetapi kepada institusi kepolisian.

“Upaya ini baru kami temukan di Bogor dan tentu kami sangat senang karena semua lembaga melakukan inovasi dan memastikan upaya pencegahan dan penanganan anak-anak yang berhadapan dengan hukum bisa dilakukan dengan cara ini,” tandasnya.

Pihaknya juga berharap program SKCK Goes to School dapat diadopsi oleh daerah lain. Ada tiga unsur berkaitan dengan penanganan anak yang berhadapan dengan hukum ini, yaitu cepat, komprehensif, dan terintegrasi. “Tiga unsur ini muncul di SKCK Goes to School,” ujarnya.

Sementara itu, Kombes Bismo menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Menteri PPPA. Penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk Polresta Bogor Kota dalam berinteraksi dengan anak-anak menyongsong generasi emas 2045.

“Jangan sampai dalam menyongsong generasi emas 2045, kita malah tidak peka, tidak tahu, bahwa anak-anak ini memiliki sejuta potensi yang memang harus dengan sabar, istikomah, ikhlas untuk kita bina dengan melibatkan semua pihak, baik itu keluarga, sekolah, instansi terkait dan juga masyarakat. Alhamdulillah di Kota Bogor semua sangat antusias dalam membina adik-adik kita,” ujarnya.

Kapolresta menjelaskan, program SKCK Goes to School sekarang sudah angkatan kelima dengan total 778 anak yang mengikuti pembinaan dan berbagai kegiatan positif. Program ini akan terus berlanjut ke dua sekolah setingkat SMA.

“Anak-anak yang terlibat tawuran akan kita langsung rangkul dengan program SKCK Goes to School,” kata Kombes Bismo. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *