by

BLHD Kabupaten Bogor, Ajak Guru Paham Lingkungan

Bogoronline.com

Sedikitnya 100 orang guru dari berbagai tingkatan sekolah di Kabupaten Bogor, mengikuti kegiatan sosialisasi peningkatan edukasi dan komunikasi masyarakat dibidang lingkungan, yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Bogor, di hotel Cipayung Asri, Kamis (25/2/16).

Melalui program sekolah berbudaya lingkungan atau Adiwiyata tersebut, diharapkan para guru dari perwakilan berbagai sekolah tersebut, bisa mengajak kepada warga sekolah lainnya, menuju program berbudaya sekolah berbudaya lingkungan.

“Tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan kepada sekolah bahwa BLH mempunyai program berbudaya sekolah kebudayaan lingkungan. Jadi kita ingin menerapkan program sekolah berbudaya lingkungan di Kabupaten Bogor,” kata Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pengembangan Kemitraan Lingkungan BLHD Kabupaten Bogor, Susi Yulianti kepada bogoronline.com.

BLHD juga dalam hal ini, akan menginventarisir permasalahan yang ada di sekolah, berkaitan dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Jadi sasarannya, masih kata Susi, bukan hanya ke masyarakat pada umumnya, tetapi juga menyasar kepada warga sekolah.

“Bagaimana warga sekolah bisa mengintegrasikan seluruh pelajaran sekolah untuk bisa melestarikan lingkungan hidup,” terang Susi.

Dicontohkannya, ketika sekolah juga sama – sama menghasilkan limbah seperti layaknya limbah rumah tangga. Sekolah pun juga menghasilkan sampah dari kantin dan lain sebagainya. Disini, kata Susi, sekolah harus bisa memanage pengelolaan sampah.

“Nah di program Adiwiyata ini yang kita arahkan, bagaimana konservasi airnya, misalnya dengan penyediaan taman yang ada dengan dilengkapi dengan biopori atau sumur resapan dan penghematan energi,” tandasnya.(win)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed