Gerakan Jangan BAB Sembarangan Dimulai

Cigombong – bogoronline.com – Gerakan untuk membiasakan warga Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, untuk tidak buang hajat atau BAB disembarang tempat Rabu (17/02) dimulai. Deklarasi gerakan yang diberi nama Open Defecation Free (ODF) ini dilaksanakan di Lapangan SDN Ciburuy dan dihadiri unsur Muspika setempat dan Wakil Ketua DPRD Ade Munawaroh Yasin.
“Alhamdulilah untuk Desa Ciburuy yang terdiri dari 46 RT dan 11 RW, telah dilakukan sanitasi total. Semoga dengan adanya sanitasi ini, para warga bisa hidup dengan layak dan tidak ada lagi yang BAB di kali ataupun di tempat yang kurang layak,” kata Kepala Desa Ciburuy, Iwan Sofwan Zaqqi, kepada wartawan.

Camat Cigombong, Basrowi, mengatakan gerakan tidak BAB sembarang ini merupakan langkah untuk membiasakan warga di Ciburuy khususnya dan Kecamatan Cigombong umumnya, membiasakan diri menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tak lagi menjadikan aliran sungai WC. “Dengan PHBS dan tak BAB sembarangan, penyakit pun enggan atau segan menyerang,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD menambahkan program PHBS dengan tidak BAB sembarangan ini merupakan program nasional dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan warga. “Ini harus ditularkan dan diterapkan di desa lain di Kabupaten Bogor. Dari total 434 Desa di Kabupaten Bogor, baru 28 desa yang sukses melaksankan sanitasi total, salah satunya Desa Ciburuy ini,” terangnya. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.