by

Petugas Dalops DLLAJ Menghilang

Cibinong – bogoronline.com – Para petugas bagian pengendalian dan operasi (Dalops) Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) sejak awal Januari lalu menghilang dari pos pengaturan lalu lintas, salah satunya di Pos di Simpang Cibinong.
“Biasanya di Simpang Cibinong ini ada delapan hingga sembilan petugas, namun sejak Januari lalu, petugas yang siaga tinggal tiga orang,” kata Dede, seorang pengguna jalan, Selasa (23/02).
Menurut informasi hilangnya petugas Dalops ini tidak hanya terjadi di Cibinong saja, tapi juga di Pos Pengaturan Lalu Lintas Ciawi, Parung, Laladon dan beberapa pos lainnya. “Jalur Laladon ini kan padat arus lalu lintasnya, karena ratusan angkot yang melayani rute kearah Bogor Barat setiap harinya hilir mudik masuk keluar terminal, sehingga diperlukan adanya petugas yang banyak,” ungkap Anggota Komisi III M. Romli.
Kepala DLLAJ R. Soebiantoro, membenarkan, petugas Dalops di pos-pos pengaturan lalu lintas yang ada di sembilan titik dikurangi. Masalah ini terjadi, kata Soebiantoro dampak dari gagalnya pelelangan pengadaan tenaga pembantu pengatur lalu lintas yang dilaksanakan Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ).
“Mengacu pada aturan pengadaan barang dan jasa, mereka tak bisa langsung dikontrak oleh dinas, lantaran statusnya sebagai tenaga outsourcing , sehingga harus disediakan pihak ketiga,” jelasnya.
Soebiantoro menjelaskan, meski masih ada petugas yang berjaga di pos pengaturan lalu lintas, mereka itu adalah para PNS. “Tapi ada beberapa tenaga outsourcing yang bertugas secara sukarela atau tak mendapatkan bayaran,” ujarnya.
Soebiantoro menyebutkan, jumlah tenaga outsourcing yang bertugas di Dalops ada sekitara 60 orang dan sebagian besarnya telah dirumahkan. “Mereka akan kita panggil kembali, setelah ada pihak ketiga yang dinyatakan sebagai pemenang lelang,”katanya.
Soebiantoro berharap, untuk tahun 2017 mendatang, pengadaan tenaga bantuan atau outsourcing di DLLAJ tidak lagi dipihak ketigakan. “Kami inginnya seperti Satpol PP yang melakukan kontrak langsung secara perorangan,” pungkasnya. (zap)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed