Pilihan Investasi yang menguntungkan di tahun 2016

Investasi adalah salah satu hal yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat sejak dulu. Sejak zaman dulu, keinginan untuk berinvestasi sudah dilakukan oleh kakek dan nenek kita dengan tujuan untuk kepentingan kehidupan berikutnya, saat generasi penerus mereka bertumbuh di masa depan. Zaman dulu, investasi belum terlalu terkenal istilahnya seperti sekarang ini, namun orang tua zaman dulu memang terbilang memiliki rencana kehidupan yang lebih baik, dan menjauhi gaya hidup boros yang akan membuat rencana investasi ini menjadi kurang maksimal.
Investasi yang dilakukan orang pada zaman dulu cukup sederhana. Mereka cenderung membeli sesuatu yang sifatnya berwujud untuk investasi. Di kota besar seperti Jakarta misalnya, dengan gaya hidup yang cenderung sederhana pada saat itu, mereka membeli rumah yang cukup besar dengan harapan saat Rumah dijual Jakarta ini mereka akan mendapat keuntungan yang lumayan, karena harga property seperti rumah juga sering mengalami kenaikan, hal itu juga bergantung pada lokasi sekitar rumah tersebut.
Orang tua zaman dulu juga sering melakukan investasi dengan membeli sebidang tanah atau sebuah pohon. Bahkan hal ini masih menjadi pilihan Investasi yang dapat dipercaya hingga saat ini. Mereka membeli sebidang tanah atau sebuah pohon dengan harapan di masa depan nanti, harga tanah tersebut tentunya akan mengalami kenaikan, begitu juga dengan sebuah pohon. Misalnya pohon kelapa sawit, bukan tidak mungkin di masa depan, saat bertumbuh, sebuah pohon kelapa sawit ini bisa menjadi perkebunan kelapa sawit besar yang tentunya akan mendatangkan keuntungan yang besar juga.
Kemudian, investasi yang cukup sering dilakukan orang tua zaman dulu adalah membeli emas dan logam mulia. Anda bisa tanyakan kepada kakek dan nenek anda, atau orang yang dituakan oleh anda, mereka akan sangat Kooperatif terhadap pembelian emas atau logam mulia. Mereka membeli emas dalam jumlah banyak, dari hasil tabungan mereka. Mereka tidak terlalu mendahulukan gaya hidup yang terlalu banyak menuntut untuk mengeluarkan uang banyak, sehingga mereka lebih rajin menabung dan berinvestasi dengan membelanjakan uangnya untuk membeli emas dan logam mulia. Harga kedua benda berharga ini tentunya selalu mengalami kenaikan setiap tahunya.
Memang zaman dulu bukanlah zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Namun gaya hidup sederhana yang lebih mementingkan masa depan, seperti orang tua zaman dulu, mungkin bisa kita tiru, jika kita juga akan mencoba berinvestasi di zaman sekarang. Trend investasi seperti apa yang cocok dilakukan di zaman modern ini, di tahun 2016 ini? Menurut beberapa sumber seperti id.ghoper.co.id dan juga marketbisnis.com menyebutkan mengenai trend investasi yang cocok di tahun 2016 ini. Beberapa investasinya, rupanya masih menganut kepada investasi zaman dulu, seperti apa pilihan investasi ini dan bagaimana prediksi keuntunganya di masa depan, berikut penjelasanya:

Investasi Saham
Investasi jenis ini merupakan investasi yang tidak berwujud. Investasi saham ini hanya berbentuk sebuah kupon. Kupon tersebut nantinya tidak akan terlalu bermanfaat, tetapi untuk mendapatkan kupon saham tersebut harganya tergantung harga saham yang sedang berlaku saat kita membelinya.harga satu kupon sahamnya, bisa mencapai angka jutaan bahkan ratusan juta rupiah, tergantung seberapa hebat nilai saham saat itu. Ketika penjualan saham sangat bagus di masa depan, kita akan mendapat banyak keuntungan yang besar. Namun jika yang terjadi malah sebaliknya, bukan tidak mungkin, seluruh asset yang kita miliki akan lenyap begitu saja. Sebelum anda memilih unutk berinvestasi ini, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dulu bersama orang yang sudah faham mengenai bidang investasi ini.

Investasi Properti
Anda bisa perhatikan perubahan pembangunan yang ada di beberapa kota, termasuk kota-kota besar di Indonesia. Begitu banyak pembangunan pemukiman yang dilakukan oleh beberapa vendor baru, bahkan vendor property besar yang ada di Indonesia. Adanya hal itu, membuat masyarakat di zaman modern ini tertarik untuk memiliki bisnis sekaligus berinvestasi dalam hal property ini. Untuk investasi individu, hal ini bisa dilakukan dengan membeli rumah dengan harga yang relatif murah saat pembelian pertama, namun beberapa tahun kemudian harga rumah tersebut bisa naik beberapa persen, tentunya investasi ini akan mendatangkan keuntungan untuk anda. Hal lainya seperti membeli Ruko dan menyewakanya juga dapat menjadi pilihan investasi yang cukup menguntungkan anda.

Investasi Emas
Rupanya sejak zaman dulu hingga sekarang investasi emas ini selalu menjadi pilihan investasi yang dianggap aman, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Sepertinya investasi emas untuk individu adalah pilihan yang cocok untuk mendatangkan keuntungan di tahun ini. Harga emas juga memang tidak bisa diprediksi kapan naik dan kapan turunya, namun usahakan membeli emas saat sedang mengalami penurunan dan menjualnya kembali saat harga emas sedang naik. Selain emas, logam mulia juga kini banyak dijadikan sebagai alat untuk berinvestasi. Kadar emas yang cukup tinggi pada logam mulia ini, menjadikan nilai jualnya juga tinggi. Para wanita biasanya akan berminat berinvestasi pada emas dan logam mulia ini.
Keadaan ekonomi yang sedang tidak stabil saat ini, terkadang harus semakin meyakinkan kita untuk tetap bisa melakukan investasi dengan harapan, di masa depan kehidupan kita lebih bisa terjamin. Pilihlah investasi yang menurut anda mudah untuk dijalankan, seperti Rumah dijual Jakarta untuk anda yang berada di Jakarta dan ingin menjual rumahnya jika harga property sedang naik, atau pilihlah investasi emas yang resikonya cukup kecil. Selamat berinvestasi.