by

Presiden Jokowi, Akui Ada Program Belum Terwujudkan

bogorOnline.com

Diambil dari salah satu media online nasional, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengaku ada program yang belum berhasil dijalankan sejak setahun lebih memerintah.

“Pembangunan SDM. Kita harus kejar-kejaran dalam rangka persaingan itu. Pembangunan SDM menurut saya harusnya berada pada tempat yang paling depan. Kita tidak mau lagi tergantung pada yang namanya Sumber Daya Alam. Tetapi tergantung pada kesiapan sumber daya manusia,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku butuh lebih banyak persiapan untuk memperbaiki kualitas SDM. Menurut data yang diperolehnya, 66 persen pekerja berada pada pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Maka hal itu yang coba diperbaki Jokowi.

“Angkatan kerja kita 66 persen itu berada pada pendidikan SD dan SMP, perlu disuntik agar SDM bisa diperbaiki keterampilan,” ujarnya.

Jokowi ingin melihat industri mana yang lebih membutuhkan tenaga kerja dengan kemampuan lebih baik. Ada program yang diakui Jokowi telah disiapkan.

“Mana yang harus diprioritaskan, itu yang baru dipersiapkan. Melihat lulusan 66 persen itu produksi padat karya, misal, garmen, alas kaki, sepatu, sandal, selain bisa dilarikan ke usaha kecil, usaha mikro,” kata dia.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed