by

Targetkan 566 ribu Anak Bebas Polio, Pemerintah Kabupaten Bogor Canangkan Gerakan PIN

CIBINONG – bogoronline.com – Guna mengeliminasi polio, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan menggelar Pekan Imuninasi Nasional (PIN) yang akan digelar selama sepekan 8 hingga 15 Maret 2016. Sasaran imunisasi akan diberikan kepada 566 ribu jiwa balita usia 0-59 bulan, dengan menyiapkan 5062 Pos PIN yang tersebar diseluruh Desa dan Kecamatan di kabupaten Bogor.

Berbagai persiapan untuk mensukseskan PIN Maret mendatang telah dilakukan Pemkab Bogor, dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor. Melalui beberapa tahap mulai dari pendataan balita usia 0-59 bulan sejumlah 566 ribu jiwa, menerjunkan sebanyak 17 ribu tenaga kesehatan, dan menyediakan Pos PIN sebanyak 5062 Pos yang tersebar di Desa dan Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Asisten Kesejahteraan Masyarakat, saat membacakan sambutan Bupati Bogor, Roy E Khoerudin menuturkan, PIN sangat penting dilakukan untuk memberantas penyakit Polio Sabin atau Polio liar. Imuninasi merupakan pencegahan yang paling efektif dalam mencegah kematian dan kecacatan akibat berbagai virus penyakit salah satunya virus polio.

“Imunisasi penting dan harus diberikan kepada seluruh balita di Kabupaten Bogor, karena manfaatnya bisa dirasakan baik jangka pendek maupun jangka panjang, serta dapat mengurangi biaya kesehatan. Anak khususnya akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik, daripada anak yang tidak diimunisasi lebih rentan terhadap berbagai serangan penyakit,” terang Roy.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Camalia Wilayat Sumaryana, PIN 2016 akan digelar serempak secara nasional di seluruh wilayah di Indonesia sepekan dari 8-15 Maret 2016. “Kami akan berupaya seluruh balita usia 0-59 bulan dipastikan mengikuti PIN termasuk Anak Jalanan (Anjal), sehingga para orang tua tidak perlu khawatir imunisasi Polio ini aman,” katanya.

Ia juga menambahkan, untuk Pos PIN rencananya selain disebar diseluruh Desa dan Kecamatan di Kabupaten Bogor, pihaknya juga akan menambah sejumlah Pos PIN di tempat keramaian seperti, Mall, terminal, stasiun, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Pasar. Sehingga bagi para orang tua yang tidak memiliki waktu luang, mereka bisa membawanya ke Pon PIN tersebut.

“Selain mencegah Polio imunisasi ini bermanfaat untuk mencegah virus penyakit lainnya, seperti tetanus, TBC, hepatitis, meningitis, dan Pneumonia. Untuk itu kami menghimbau agar seluruh orang tua membawa anak-anaknya ke Pos PIN, jangan sampai ketinggalan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Pengelola Program Imunisasi Jawa Barat, Yudi Khoharudin, mengatakan persiapan PIN di Provinsi sudah mencapai 90%. Obat-obatan dan perlengkapan medis yang diperlukan dalam pelaksanaan PIN di Kabupaten Bogor sudah siap didistribusikan untuk selanjutnya diteruskan ke Desa dan Kecamatan tempat Pos PIN dilaksanakan.

Hari ini Pemerintah Kabupaten Bogor, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio bersama para camat dan kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Bogor di ruang Serba Guna I Setda Kabupaten Bogor. (die/ Diskominfo/)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed