Coba Ini Transformasi Wayang Golek Jadi Elemen Interior Modern

bogorOnline.com
Seperti dilansir dari salah satu media online nasional, Wayang golek merupakan salah satu seni pertunjukan tradisional yang berasal dari tanah Pasundan. Warisan budaya leluhur ini kini tampil dengan sosok tokoh wayang yang lebih modern.
Melalui keterampilan seorang wanita asal Bandung, Wida Widyawati, boneka berbahan kayu itu dimodifikasi menjadi tampil lebih modern dan trendi. Tampil beda, wayang golek karya Wida bahkan berpakaian batik nusantara lengkap dengan aksesori yang membuat penampilannya terlihat mewah dan kekinian.

Sebagai generasi kedua, Wida melanjutkan usaha yang sudah dirintis ayahnya. Bahkan, ia mampu berkreasi sehingga dapat “mengubah” tampilan patung berbahan kayu tersebut menjadi sebuah benda seni yang tampil menarik tanpa meninggalkan ciri khas wayang golek itu sendiri serta tanpa mengubah pakem dalam proses pembuatannya.

Sampai saat ini Wida telah menghasilkan sekitar 50 versi wayang golek dengan berbagai ukuran, fungsi, bentuk desain, warna, dan aplikasi bahan. Di tangannya, wayang golek sudah bergeser fungsinya. Selain sebagai simbol kesenian, benda tersebut kini dapat difungsikan sebagai elemen interior seperti untuk table lamp serta aksesori untuk mempercantik ruangan.(rul)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *