Cobalah Cara Ini Biar Baterai Gadget Anda Ga Kembung

bogorOnlie.com

Seperti diambil dari salah satu media online nasioanl, baterai adalah nyawa dari sebuah perangkat digital. Seringkali anda memakai smartphone, tablet, atau laptop tanpa memperhatikan kesehatan baterainya sehingga baterai menjadi bengkak atau kembung.  Cobalah cara ini untuk merawat bateraigadget.

Jagalah Suhu Perangkat Anda, Jenis baterai Lithium-ion sangat anti terhadap panas. Namun, kita tidak bisa menghindari beberapa kondisi yang menyebabkan baterai mudah panas. Misalnya, jangan meletakkan laptop di mobil terlalu lama, jangan memainkan smartphone diluar ruangan ditengah terik matahari, dan jangan men-charge gawai di dekat benda yang mengeluarkan panas.

Gunakan Charger Asli menggunakan charger yang benar-benar sesuai dengan tipe gawai Anda. Sebaiknya beli yang asli walaupun harganya agak mahal. Charger asli akan memberikan jaminan kualitas yang baik. Charger dengan harga yang murah bisa jadi merupakan barang bajakan yang komponennya tidak sesuai standar. Menggunakan charger yang tidak berkualitas menyebabkan baterai mudah rusak. Bisa jadi, baterai akan cepat terisi, namun mudah habis. Kondisi ini bisa mengakibatkan baterai mudah membengkak.

Ganti Baterai Lama Dengan Baterai bila baterai Anda sudah menunjukan gejala kebocoran, sebaiknya diganti dengan yang baru. Bila perangkat Anda menggunakan model baterai yang bisa dilepas Anda bisa membeli baterai yang setipe di toko elektronik. Bila model perangkat Anda merupakan unibody (baterai tidak bisa dilepas), Anda bisa segera melakukan servis penggantian baterai di toko resmi.  Mempertahankan baterai yang sudah usang akan berdampak buruk pada kondisi baterai itu. Ibasnya, perangkat Anda kemungkinan juga ikut rusak.

Jangan Terlalu Lama Mengisi Daya Baterai ini merupakan masalah umum setiap orang. Sering kali kita meninggalkan gawai dalam kondisi masih tersambung dengan charger selama berjam-jam.  Mengisi  daya baterai yang terlalu lama merupakan penyebab utama baterai menjadi kembung. Isilah baterai dengan bijak jika Anda menginginkan kondisi baterai yang tetap prima.(rul)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *