by

Lihat Ini Wujud Sepeda Motor Terkecil Di Dunia

bogorOnline.com

Disadur dari salah satu media online nasional, pernahkah terlintas di benak kita, berapa banyak sepeda motor yang melaju di jalanan seluruh Indonesia. Data dari Badan Pusat Statistik mencatat, per 2013 ada 84 juta dan Tujuh Ratus Ribu lebih kendaraan bermotor beroda dua yang hilir mudik di jalanan. Namun dari jutaan angka tersebut, adakah yang terlintas merakit sendiri motornya.

Adalah Tom Wiberg, dari Hokerum Swedia, yang ingin berbeda. Pria yang kini berumur 53 tahun ini merakit Smalltoe. Motor ini sebagai Smallest motorcycle oleh organisasi rekor dunia Guinness World Records semenjak 1 Janauari 2003. Rekor dunia itu masih bertahan hingga kini dengan jarak antar roda depan 16 mm, dan berat satu kilogram sepeda motor ini sukses diuji melaju di jalan raya.

Deretan angka sebagai berikut,  jarak antar roda depan dengan belakang 22 mm (0.86 in), and rode it for more than. Jarak tempuh dikendarai : 10 m (32.8 ft) di Hokerum, Sweden pada 2003.  Spesifikasi Mesin : wheelbase of 80 mm (3.14 in), a seat height of 65 mm (2.55 in), dan berat 1.1 kg (2.4 lb). Kecepatan : 2 km/h (1.24 mph) Kapasitas Mesin : 0.22 kW (0.3 hp) engine. Smalltoe atau si jempol kecil ini ternyata memiliki kembaran Bigtoe alias si jempol besar.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed