Pemkab Bogor Launching E-Puskesmas di 102 Puskesmas di Kabupaten Bogor

CIBINONG- bogoronline.com – Guna mempermudah masyarakat atau pasien Kabupaten Bogor dalam mendapatkan kesehatan di puskesmas se-Kabupaten Bogor. Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor melaunching Sistem Informasi Puskemas (Epuskemas) di 102 Puskesmas di Kabupaten Bogor, Senin (28/3).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Camalia W Sumaryana menuturkan,  launching dan sosialisasi E-Puskesmas ini dilakukan untuk meningkatkan dan mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Bogor, dimana E-Puskesmas ini akan terintegrasi langsung secara online dengan Rumah Sakit, dan BPJS Kesehatan melalui aplikasi E-Health.

“Selain dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal. Ini juga dapat memudahkan kami dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 102 puskesmas se-Kabupaten Bogor, melihat luasnya wilayah Kabupaten Bogor era manual dapat memperlamban kami dalam melakukan pengawasan, dengan sistem E-Puskesmas kinerja bisa lebih optimal, cepat tepat dan akuntabel,” tutur Camalia.

Ia juga menambahkan, untuk menjadi Kabupaten termaju di Indonesia harus diiringi dengan pelayanan kesehataN yang termaju pula. Terlebih diera Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Teknologi Informasi (TI) sangat dibutuhkan dalam menciptakan pelayanan kesehatan yang profosional.

“Secara bertahap kami benahi salah satunya infrastruktur agar bisa memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Kami juga berharap dengan adanya aplikasi E-Puskesmas, ini bisa mencerdaskan Sumber Daya Manusia (SDM) baik tenaga kesehatannya maupun masyarakatnya. Sehingga mereka bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi serta bisa meningkatkan kinerja mereka jauh lebih baik,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Bogor, Santi mengatakan, ia sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Bogor dengan menerapkan E-Puskesmas di 102 Puskesmas di Kabupaten Bogor yang diharapkan bisa mendorong seluruh puskesmas di Kabupaten Bogor, bisa saling berlomba dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, dan berlomba mengupdating data.

“Ini merupakan progres yang bagus, terlebih E-Puskesmas ini bisa terintegrasi dengan pelayanan BPJS Kesehatan. Sehingga masyarakat bisa terlayani dengan maksimal , karena seluruh data terhimpun dalam E-Puskesmas ini menjadi solusi pelayanan kesehatan dan memudahkan pasien dalam berobat,” tukas Santi. (BO/Diskominfo Kabupaten Bogor)