UPT Puskesmas Sukamakmur Sambangi Kandang Ayam

Sukamakmur- bogoronline.com- Mengantisipasi merebaknya Flu Burung, UPT Puskesmas Sukamakmur saambangi kandang ayam. Salah satu yang didatangi adalah kandang milik Hidayat di Kampung Awi Lega, Desa Sukamulya Kecamatan Sukamakmur.

“Hari ini kami jadwalkan mendatangi kandang yang ada di wilayah Sukamakmur. Tujuannya, kami memberikan penyuluhan tetntang Tanggap Flu Burung,” kata Petugas puskesmas Sukamakmur, Idhar kepada bogoronline, Senin (28/3) di Sukamakmur.

Menurutnya, kedatangan ke kandang setelah di beberapa daerah terjangkit penyakit mematikan ini. Di puskesmas ada beberapa bagian, seperti pengobatan dan penyuluhan.

“Saat ini kami melakukan penyuluhan kepada masyarakat terutama pegawai dan pemilik kandang. Kami sarankan, kalau ada ayam atau unggas lain yang mati mendadak segera laporkan kepada Rt atau Rw setempat” lanjutnya.

Bersama rekannya dari perawat Lala, Haidar diterima pengelola kandang, Mamat. Menurut Mamat, kandang yang dikelola saat ini belum ada gejala atau tanda-tanda adanya ayam yang terjangkit Flu Burung.

“Sesuai arahan dari puskesmas, kami belum menemukan gejala seperti yang dikatakan pegawai puskesmas. Memang ada yang mati, tapi itu sudah biasa, kegagalan biasa lima persen dari jumlah keseluruhan” pungkasnya. (Yusuf)