by

Banprov 2016 Untuk Desa Segera Cair

CIBINONG – bogoronline.com – Akhirnya Pemerintah Desa se Kabupaten Bogor, sedikit merasa lega, setelah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, memastikan jika alokasi dana Bantuan dari Provinsi (Banprov) tahun 2016 segera dikucurkan ke 5.321 desa  yang ada di Jawa Barat.

Akan tetapi kucuran dana banprov tersebut tidak seluruhnya dicairkan, melainkan pencairan banprov hanya lima puluh persen, selebihnya akan dicairkan bersamaan dengan banprov tahun 2017 mendatang.
Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Bogor Amsori Setiawan, ketika dimintai keterangannya, membenarkan bahwa banprov tahun 2016 akan dicairkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Namun pencairannya tidak sekaligus, dikarenakan lima puluh persen banprov tersebut akan dialokasikan untuk kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON), sehingga tahun 2016 ini desa hanya menerima lima puluh persen, selebihnya  akan dicairkan sekaligus dengan banprov di tahun 2017.

“Pencairan banprov lima puluh persen ini, masuk dalam perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat, sehingga dana tersebut bisa diterima desa dibulan bulan Juli hingga September,”ujar Kepala Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur ini, kepada  Selasa (5/4).

Dijelaskannya, dicairkannya banprov ini, sebenarnya kebijakan langsung dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawa, yang mana sebelumnya kita seluruh Kades se-Jabar berenca ingin bertandang ke Gedung Sate Bandung, guna mempertanyakan kenapa banprov tidak dicairkan untuk tahun 2016 ini. Tapi sebelum kita berangkat ke Gedung Sate, pada tanggal 30 Maret lalu, Gubernur langsung mengundang seluruh ketua Paguyuban Kades se Jabar untuk membicarakan permasalahan ini.

“Hasil dari pertemuan dengan Gubernur, beliau mengatakan kepada kami, jika banprov akan dicairkan, tapi tidak seluruhnya, karena sebahagian dana itu dialokasikan untuk kegiatan PON 2016, dimana yang menjadi tuan rumah PON adalah Jawa Barat,”terangnya.
Tapi dengan dicairkannya lima puluh persen dana banprov itu lanjut Amsori, setidaknya Pemprov Jabar, sudah mengobati rasa sakit hati masyarakat khusunya Kabupaten Bogor.

Dimana yang sebelumnya sempat kecewa mendengar banprov tidak cair, dikarenakan anggarannya akan digunakan untuk kegiatan PON. Sementara usulan usulan untuk pembangunan ditingkat tingkat RT, maupun RW, sudah masuk, tapi dengan adanya kabar ini mungkin masyarakat merasa lega, karena sediknya usulan mereka akan dilaksanakan.

“Tidak masalah banprov itu turun hanya lima puluh persan saja, setidaknya kegiatan pembangunan bisa berjalan sesuai keinginan masyaratak, dan kekurangannya nanti dilanjutkan di tahun 2017 mendatang,”pungkasnya. (die)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed