by

Hal-Hal Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Dan Membeli Rumah?

Pernah mendengar pepatah tentang “rumahku istanaku, rumahku surgaku”? pasti kita sudah tidak asing lagi mendengarnya. Rumah yang aman, nyaman dan memiliki lingkungan yang religius akan membuat penghuninya selalu bersyukur dan senantiasa ingin lebih dekat dengan Tuhan. Oleh karena itu, memilih jual rumah sama pentingnya dan sama sulitnya pada saat ketika memilih pasangan hidup. Banyak hal yang harus diperhatikan agar jangan sampai salah memilih. Rumah yang dipilih tentunya harus yang nyaman bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk anggota keluarga yang lain. Itu sebabnya pada saat memilih rumah kita tidak bisa mengambil keputusan sendiri tetapi harus atas kesepakatan bersama termasuk memperhatikan pendapat dari anak-anak.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan memilih dan membeli rumah, yaitu memperhatikan budget yang dimiliki, lokasi yang strategis dan sesuai kebutuhan, sanitasi, dan juga akses jalan yang mudah. Dari keempat poin di atas akan kita bahas sekilas satu persatu agar mendapat gambaran pencerahan pada saat memilih rumah. Pertama, budget. Pastikan pada saat akan membeli rumah tidak langsung ‘Ya” hanya karena bagus tetapi sesuai dengan budget yang dimiliki agar kita tidak merasa berat pada saat melakukan pembayaran sehingga akhirnya mengabaikan kebutuhan yang lebih pokok dan urgent. Kedua, lokasi dan sesuai kebutuhan di sini maksudanya bahwa lokasi rumah yang kita pilih strategis, paling tidak jalan menuju ke tempat-tempat seperti jalan raya, sekolah, tempat kerja, rumah sakit tidak jauh serta memakan waktu yang lama.

Ketiga, sanitasi ini juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena sanitasi yang baik akan membuat kita merasa nyaman dan betah. Air yang bersih menjadi hal yang pokok karena setiap hari kita pasti membutuhkan air yang bersih baik untuk minum, mandi dan mencuci. Pengelolaan sampay yang baik juga menjadi poin penting. Keempat, akses jalan yang mudah artinya bahwa jalan menuju rumah bisa dilalui oleh kendaraan bermotor maupun mobil dan ataupun alat transportasi umum yang terjangkau dan tidak jauh dari rumah. Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah. Semoga rumah yang dipilih nanti adalah rumah yang bisa membawa kebahagiaan dan kenyamanan seperti pepatah rumahku surgaku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed