Ichsan Firdaus Prihatin Kondisi Bogor Timur

bogorOnline.com
Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar, Ichsan Firdaus mengaku prihatin atas kondisi infrastruktur di wilayah timur Kabupaten Bogor meliputi Kecamatan Jonggol, Tanjungsari, Sukamakmur, dan Cariu. Warga di 4 kecamatan tersebut sudah selayaknya mendapat perhatian lebih dengan pembangunan infrastruktur yang lebih layak dan berkualitas. Hal itu diungkapkan Ichsan Firdaus dalam sosialisasi 4 pilar di Desa Sukasirna Kecamatan Jonggol, kemarin.

“Kondisi infrastruktur di Bogor timur ini sangat memprihatinkan. Harusnya warga di sini mendapat perhatian lebih dan porsi pembangunan infrastruktur yang lebih baik dengan jumlah banyak dari Pemkab Bogor. Agar tercipta peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan signifikan,” ujar Ichsan di hadapan 100 warga, kemarin.

Ichsan menjelaskan, dari laporan yang diterimanya dari warga, infrastruktur jalan membuat infrastruktur transportasi masih sangat tidak memadai. Ini membuat harga barang di wilayah timur mahal dan tingkat daya beli masyarakat menurun.

“Sangat jelas terlihat tingginya inflasi di wilayah timur Kabupaten Bogor. Ini disebabkan minimnya pembangunan infrastruktur sehingga tidak tercipta lapangan kerja. Belum lagi lahan luas yang banyak dikuasai pribadi namun tidak dibangun sehingga membuat sumber daya alam tidak termanfaatkan untuk menggali sumber-sumber ekonomi,” tutur alumnus IPB ini.

Sebagai anggota Komisi IV DPR RI membidangi pertanian, wilayah timur sering diklaim sebagai sentra produksi pertanian namun nyatanya pertanian tidak berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ichsan mengaku heran apa saja yang sudah diperbuat Dinas Pertanian dan Kehutanan terhadap masyarakat petani di wilayah timur Kabupaten Bogor. Harus ada sentuhan lain yang diberikan Pemkab Bogor melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan dalam menangani masalah pertanian.

“Jelas ada sistem yang salah dalam rantai produksi pertanian di sini. Makanya rentenir masih merajalela, karena perbankan pemerintah dengan skema yang merakyat tidak menyentuh masyarakat. Harusnya Distanhut merancangbangun sistem pertanian yang menguntungkan masyarakat, bukan hanya menyalurkan bantuan semata dan justru dimanfaatkan untuk memperkaya individu tertentu. Harus dimulai dari sistemnya,” tegas Ichsan.

Meskipun begitu, Ichsan mengaku siap membantu pembangunan infrastruktur di Bogor Timur khususnya di bidang pertanian. Dengan menyalurkan alat mesin pertanian yang dibutuhkan masyarakat diharapkan dapat membantu petani dalam memingkatkan produktivitas hasil pertanian sehingga petani menjadi bahagia.(jan)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *